Bencana Bima, Yonzikon-AD Distribusikan Air Siap Minum

KBRN, Jakarta: Selain fokus pembangunan jembatan penghubung Desa Rade dan Desa Bolo yang putus diterjang banjir Bandang, Yonzikon 13/Karya Etmaka (EK) Zeni TNI AD  juga mendistribusikan air bersih bagi warga terdampak bencana di Desa Rade, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pendistribusian air bersih ini bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Bima dengan dibantu para Babinsa Koramil 1608-02/Bolo.

"Air bersih yang kami distribusikan kepada warga merupakan air bersih yang siap untuk dikonsumsi, bahkan bisa langsung dikonsumsi tanpa harus dimasak terlebih dahulu, " jelas Perwira Zeni Angkatan Darat (Pa Ziad) Letda Czi Syarifudin dalam siaran pers diterima rri.co.id, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut dijelaskan, proses penyulingan air bersih ini langsung dilakukan di lokasi pendistribusian.

"Jadi dimana pun dibutuhkan, dan ada sumber airnya, baik itu dari sungai, tidak ada masalah, karena air suling yang dihasilkan telah memenuhi standar sterilisasi untuk dikonsumsi," imbuhnya.

Syarifudin menyampaikan, di wilayah manapun yang membutuhkan pasokan air bersih, pihaknya siap mendukung pendistribusian air siap konsumsi tersebut.

"Bila ada permintaan dari warga terkait kebutuhan air bersih, kami siap mendukung, karena air bersih merupakan kebutuhan mendasar bagi berbagai keperluan warga," imbuhnya.

Untuk diketahui, kebutuhan air bersih siap konsumsi juga untuk kebutuhan Satgas Penanggulangan Bencana dari TNI AD yang sedang mengerjakan pembangunan jembatan Acrow Panel yang menghubungkan Desa Bolo dan Desa Rade.

Sampai dengan hari kelima pengerjaan jembatan penghubung kedua desa tersebut  telah mencapai progress 30 persen, yang dilakukan pagi siang hingga malam hari.

Estimasi penyelesaian pembangunan jembatan Acrow Panel ini selama dua minggu. Selain jembatan penghubung Desa Bolo-Desa Rade.

Satgas Zeni TNI AD juga mengerjakan perbaikan jembatan di Desa Woro dan Desa Campa, Kecamatan Madapangga.

Walaupun dalam kondisi menjalankan ibadah puasa, para personel Zeni TNI AD tetap semangat dalam mengerjakan pembangunan tiga jembatan di Kecamatan Madapangga, Kabupaten Bima agar masyarakat dapat segera beraktivitas normal kembali.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00