VLC Media Player Diblokir di India, Kenapa?

vlc_media_player.

KBRN, Redelong: Pemerintah India telah melakukan pelarangan terhadap aplikasi digital tertentu selama beberapa tahun terakhir. Penyebab utama pemerintah India melakukan pelarangan adalah karena aplikasi-aplikasi tersebut berasal dari Tiongkok.

Berdasarkan laporan, tampaknya pemerintah India tidak akan menghentikan pelarangannya dalam waktu dekat. Beberapa waktu lalu, India memblokir PUBG Mobile versi India.

Kini yang terbaru, India memblokir pengunduhan aplikasi pemutar media dan file, VLC Media Player. VLC Media Player adalah platform pemutar media lintas platform sumber terbuka dan gratis. Namun, belum ada konfirmasi resmi dari kedua belah pihak akan hal tersebut.

Mengutip Gizchina, Selasa (16/8/2022), website resmi VLC Media Player telah diblokir di India. Meski begitu, para pengguna masih bisa mengunduh versi mobile VLC Media Player di toko aplikasi App Store dan Google Play Store.

Untuk versi desktop, pengguna perlu mengunduhnya dari sumber pihak ketiga. Berdasarkan screenshot yang beredar, ketika warganet India mengunjungi jaringan VLC player, laman tersebut menunjukkan website telah diblokir atas permintaan dari Kementerian Elektronik dan Teknologi Informasi, di bawah aturan IT Act 2000.

Menurut laporan, aplikasi VLC player dilarang di India sejak lima bulan lalu. Kebanyakan pengguna yang memiliki aplikasi VLC media player di perangkatnya tidak sadar akan perubahan ini.

Sebagai tambahan, berbagai laporan mendapati bahwa sekelompok hacker menggunakan VLC media player untuk menyebarkan malware. Hal inilah yang kemungkinan menjadi alasan diblokirnya VLC media player di India.

Sekadar informasi, VLC media player aslinya bernama VideoLAN Client. Platform ini merupakan proyek VideoLAN multimedia sumber terbuka yang mendukung banyak codec audio dan video serta format file lainnya. Bahkan, pemutar media ini bisa memutar video DVD, VCD, dan protokol streaming lainnya.

VideoLAN Client juga bisa dipakai sebagai sebuah unicast atau multicast streaming server di bawah koneksi jaringan IPv4 atau IPv6. Saat ini, VLC player merupakan salah satu pemutar file terpopuler di dunia dengan lebih dari 3,5 miliar kali unduhan.

Sumber: Klik Disini

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar