5 Negara Ini Punya Paket Internet Paling Murah, Ada Indonesia?

KBRN, RRI Takengon : Indonesia termasuk salah satu negara yang memiliki harga paket internet mobile paling murah di dunia. Tapi apakah Indonesia bisa masuk peringkat lima besar?Cable.co.uk baru saja merilis daftar harga paket internet mobile di 233 negara. Dalam daftar ini, mereka membandingkan harga paket internet 1GB di masing-masing negara.Ternyata, predikat negara dengan paket internet paling murah disandang oleh Israel. Di negara Timur Tengah ini, harga rata-rata paket internet 1GB hanya sebesar USD 0,04 atau sekitar Rp 590.

Negara lainnya yang menemani Israel di peringkat lima besar negara dengan paket internet termurah adalah Italia (Rp 1.784 per 1GB), San Marino (Rp 2.082), Fiji (Rp 2.231), dan India (Rp 2.529).

Di sisi lain, Saint Helena yang berada di Samudera Atlantik Selatan menjadi negara dengan paket internet mobile termahal di dunia. Di negara ini, harga rata-rata paket internet 1GB adalah USD 41,06 atau sekitar Rp 610 ribuan!

Empat negara lain dengan harga paket internet yang mahalnya bikin meringis adalah Pulau Falkland (Rp 571 ribuan per 1GB), São Tomé and Príncipe (Rp 438 ribuan), Tokelau (Rp 265 ribuan), dan Yaman (Rp 246 ribuan)

Wajar jika harga paket internet di lima negara ini sangat mahal. Dua di antaranya berada di bagian Afrika Sub-Sahara, dan empat dari lima adalah negara kepulauan.Lantas, di mana posisi Indonesia? Ternyata Indonesia berada di peringkat ke-28 dari 233 negara. Jika dibandingkan negara tetangga di Asia Tenggara, Indonesia berada di posisi keempat di bawah Thailand (17), Kamboja (23), dan Malaysia (27).

Rata-rata harga paket internet di Indonesia adalah USD 0,46 atau sekitar Rp 6.800 untuk 1GB. Harga termurahnya sebesar USD 0,13 (Rp 1.931) dan paling mahal USD 2.87 (Rp 42.652).

Laporan ini juga menemukan bahwa negara dengan paket internet murah biasanya dipengaruhi oleh salah satu dari dua faktor, yaitu ketergantungan terhadap internet mobile atau infrastruktur jaringan yang sudah mapan. Sedangkan negara dengan harga internet paling mahal biasanya memiliki konsumsi yang kecil atau infrastruktur yang buruk.

Sumber : inet.detik.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar