Intel Core 12th Gen Hadir di Indonesia, Debut di 30 Laptop Baru

KBRN,Takengon : Setelah dikenalkan di ajang CES 2022, Intel akhirnya memboyong prosesor Core generasi ke-12 di Indonesia. Prosesor generasi terbaru ini akan debut di 30 laptop baru besutan enam vendor terkemuka.

Intel Core generasi ke-12 merupakan prosesor pertama yang berbasis teknologi proses Intel 7 dan menggunakan arsitektur performa hybrid.

"Ini berdasarkan platform arsitektur hybrid yang menggabungkan P-core yang merupakan core performa dan E-core sebagai core efisiensi," kata Asia Pacific and Japan Consumer Segment Director Intel Moushumi Mazumdar dalam peluncuran Intel Core 12th Gen di Jakarta, Rabu (25/5/2022).

Keluarga Intel Core generasi ke-12 terdiri dari empat seri. Ada seri U dan P yang ditujukan untuk laptop tipis dan ringan, seri H untuk laptop berperforma tinggi, dan seri HX untuk mobile workstation dan laptop gaming.

Jumlah core yang dibawa masing-masing model berbeda. Misalnya, Core i9-12950HX yang merupakan varian dengan performa tertinggi memiliki 16 core yang terdiri dari 8 P-core dan 8 E-core.

Core i9-12950HX jadi jagoan Intel di prosesor generasi ini. Performa single thread prosesor ini diklaim 17% lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya, dan performa multi thread-nya 64% lebih tinggi.

Intel Core generasi ke-12 juga mengandalkan teknologi Intel Thread Director. Teknologi ini ditanamkan langsung dalam hardware dan bisa mengaktifkan core yang dibutuhkan sesuai dengan kerjanya.

"Ini adalah teknologi baru yang kita bawa di mana PC bisa dengan pintar menjadwalkan berdasarkan panduan yang diberikan ke OS untuk memilih core yang sesuai, untuk memilih P-core atau memilih E-core, pada waktu yang tepat, untuk tugas yang sesuai untuk memberikan pengalaman yang terbaik," kata Mazumdar.

Saat ini ada lebih dari 30 laptop dari Acer, Asus, HP, Lenovo, Dell, dan MSI yang hadir dengan prosesor Intel Core generasi ke-12. Sebanyak 13 di antaranya sudah memiliki sertifikasi Intel Evo.

Beberapa model laptop yang ditenagai prosesor Intel Core generasi ke-12 antara lain:

- Acer New Swift 5

- Acer Predator Helios 300

- Asus Zenbook 14 OLED

- Asus ROG Zephyrus M16

- Dell XPS 13

- HP Spectre X360

- Lenovo Yoga 9i

- Lenovo Legion 5i

- MSI Summit E13Flip

- MSI Crosshair 15

Sumber DetikInet

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar