Ini Penyebab Keruntuhan BlackBerry Menurut Bosnya

KBRN,Takengon : Dahulu, BlackBerry adalah ponsel idaman banyak orang. Akan tetapi seakan tiba-tiba, mereka runtuh dan saat ini praktis telah menghilang. Nah, dari beberapa alasan keruntuhan BlackBerry, dari mana asal mula mereka kelimpungan?

Kejayaan BlackBerry di dunia smartphone memudar cepat semenjak kedatangan iPhone dan kemudian Android.

Mantan bos BlackBerry pun pernah mengakui kalau pihaknya kalah bersaing dengan iPhone dan akhirnya tumbang.

Adalah Jim Balsillie yang pernah membuat pengakuan tersebut. Dulu, dia adalah co-CEO BlackBerry yang masih bernama Research in Motion (RIM) bersama Mike Lazaridis. Ia meninggalkan BlackBerry di tahun 2012.

Jim mengakui awal kegagalan adalah peluncuran BlackBerry Storm yang tak diterima pasar sehingga banyak pembelinya retur. "Konsumen mengembalikannya 100%," kata Jim yang dikutip dari CTV.

Awal 2000-an, BlackBerry mengubah cara orang berkomunikasi dan berbisnis dengan layanan email dan BBM yang aman dan nyaman. Tapi pada tahun 2007, kedatangan iPhone membuat orang perlahan beralih dari BlackBerry. BlackBerry coba mengantisipasi dengan Storm tapi gagal.

"Dengan Storm, kami mencoba terlalu banyak. Layarnya sentuh, aplikasinya baru dan diciptakan dalam periode yang sangat singkat dan ponsel ini malah menghantam kami. Itulah saat di mana aku tahu kami tak bisa berkompetisi di hardware high end," papar Jim.

Selengkapnya Baca di DetikInet

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar