5 Tips dan Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

KBRN, Takengon : Whatsapp adalah aplikasi chat yang digunakan berbagai kalangan. Whatsapp memiliki banyak fitur yang menunjang aktivitas sehari-hari seperti mengirim file, foto, dan video. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, aplikasi Whatsapp juga rentan disadap. Lalu, bagaimana cara mengetahui whatsapp disadap?

Untuk itu diperlukan kewaspadaan dalam menggunakan Whatsapp. Pengguna perlu mengenali ciri-ciri atau indikasi Whatsapp disadap pihak lain. Dalam artikel berikut ini, kita akan menyimak 5 tips dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui aplikasi Whatsapp yang disadap.

5 Tips Cara Mengetahui Whatsapp Disadap

Berikut ini adalah 5 cara mengetahui Whatsapp yang disadap pihak luar:

  1. Akun Whatsapp tiba-tiba terlogout atau keluar dengan sendirinya. Aplikasi Whatsapp menggunakan sistem single-device login, artinya satu nomor ponsel hanya bisa digunakan pada satu aplikasi Whatsapp. Jadi, jika Anda tiba-tida terlogout dengan sendirinya berarti ada orang lain yang login menggunakan nomor ponsel Anda. Hal tersebut dapat terjadi jika pengguna memberikan kode OTP kepada pihak lain. Oleh karena itu, jangan pernah memberikan kode OTP kepada orang lain karena dapat disalahgunakan pihak yang tidak bertanggung jawab.
  2. Jika keluar dari akun Whatsapp secara tiba-tiba dan kesulitan saat akan login kembali, kemungkinan Whatsapp Anda ada yang meretas atau ada pihak tidak dikenal yang login ke akun Whastapp anda.
  3. Anda juga bisa melakukan pemeriksaan akun Whatsapp melalui Whatsapp web. Caranya klik ikon tiga titip di bagian pojok kanan atas dan pilih Whatsapp Web. Anda dapat melihat komputer atau laptop mana saja yang terhubung dengan akun Whatsapp Anda. Jika melihat perangkat laptop atau komputer yang tidak dikenal, maka segera keluar atau log out dari semua perangkat.
  4. Indikasi lain dari Whatsapp yang disadap adalah terbacanya chat secara otomatis meskipun belum dibuka. Hal ini bisa terjadi jika ada yang memiliki akses ke akun Whatsapp yang memungkinkan mereka untuk membaca chat. Untuk mengecek pesan yang sudah dibaca atau belum dapat mengaktifkan fitur notifikasi pesan telah dibaca yang berbentuk dua centang biru.
  5. Lakukan panggilan suara melalui Whatsapp. Jika Anda tidak bisa menggunakan fitur ini, maka Whatsapp Anda sedang disadap.

Itulah 5 tips dan cara mengetahui Whatsapp yang disadap. Semoga kumpulan tips ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menggunakan aplikasi Whatsapp.

Sumber : Kumparan

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar