Sandiah Ibu Kasur Muncul di Google Doodle Hari Ini, Kenapa?

KBRN,Jakarta: Google Doodle pada halaman pencarian google.co.id hari ini menampilkan karikatur sosok perempuan dengan gaya gambar seperti menggunakan pensil warna.

Di balik sosok perempuan tersebut terlihat sejumlah anak bermain dengan huruf yang tersusun menjadi teks “google”.

Apabila Anda mengarah pointer mouse di laptop atau komputer maupun menekan Google Doodle di layar smartphone maka akan muncul informasi yang menjelaskan bahwa sosok tersebut adalah Sandiah Ibu Kasur.

Google Doodle hari ini memang menampilkan sosok ibu yang berjasa dalam pendidikan anak usia dini di Indonesia.

Pada tanggal ini Ibu Kasur seharusnya berusia ke-96 seperti yang dirayakan oleh Google Doodle, namun beliau sudah wafat di tahun 2002.

Kenapa Google Doodle menuliskan nama beliau sebagai Sandiah Ibu Kasur? Menurut penelusuran Medcom.id nama asli Ibu Kasur adalah Sandiah ketika lahir di Jakarta pada tanggal 16 Januari 1926.

Ibu Kasur sendiri merujuk ke nama panggilan Kak Soer, yang sebenarnya panggilan sang suami yang bernama Soerjono.

Akhirnya keduanya dipanggil Bu Kasur dan Pak Kasur. Di Hari Anak NAsional tahun 1998 dirinya mendapatkan penghargaan dari Presiden RI.

Semangat untuk memberikan pendidikan pada anak-anak terutama di usia dini muncul ketika keduanya bertemu di organisasi Pramuka Indonesia.

Di tahun 1965 mereka mendirikan sekolah pendidikan awal TK Mini di rumahnya.Ibu Kasur aktif terlibat di berbagai program pendidikan di Indonesia.

Dia pernah menjadi pembawa acara program anak-anak di Radio Republik Indonesia. Dirinya aktif melakukan penyuntingan majalah anak-anak, memproduksi film anak-anak, dan membuat puluhan lagu anak-anak.

Menurut data yang dihimpun total ada sekitar 150 lagu anak-anak yang dibuat oleh Bu Kasur dan Pak Kasur.

Lagu-lagunya hingga saat ini masih sering digunakan pada pendidikan anak usia dini dan akrab di telinga kalangan generasi 90-an.(Medcom)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar