Terkait Kawasan Blank Spot, Ini Penjelasan Kadis Kominfo Bener Meriah

KBRN, Redelong: Kawasan tanpa jaringan atau blank spot menjadi kendala berarti bagi sebagian warga yang tinggal di Kawasan tersebut terlebih sulitnya akses komunikasi dan informasi.

Kepala Dinas Kominfo Bener Meriah Ilham Abdi Kamis (25/3/2021) mengatakan pihaknya saat ini tengah mendata kawasan-kawasan yang tidak terjangkau jaringan seluler dan 4G berdasarkan instruksi dari Pemerintah Pusat untuk seluruh Daerah di Indonesia.

Upaya pembangunan tower jaringan terus dilakukan timpalnya bahkan sejak beberapa Kadis Kominfo sebelumnya namun masih menemui kendala pada jumlah pengguna yang tidak memadai di Daerah yang dimaksud sehingga menjadi pertimbangan bagi provider.

“Seminggu lalu kita berkomunikasi dengan Diskominfo Pusat diperintahkan untuk mendata daerah blank spot 4G, jadi bukan hanya selulernya tapi internetnya juga sedang diupayakan, target Pemerintah memang 2024 mendatang tidak ada lagi daerah yang tidak terjangkau jaringan,” jelasnya.

Saat ini juga tambah Ilham pihaknya kembali lakukan pembahasan dengan penyedia layanan terkait kelanjutan permintaan sebelumnya agar dibangunkan tower di Kawasan yang sama sekali belum terjangkau jaringan.

Disebutkan, sebelumnya provider mempertimbangkan jumlah penduduk yang masih belum memadai namun sekarang Diskominfo kembali mengusulkan karena penduduk dinilai telah bertambah dengan akses jalan menuju lokasi yang jauh lebih baik.

“Kita tanyakan kembali kepada provider Telkomsel bagaimana perkembangan kelanjutannya apakah memungkinkan untuk dibangun jaringan sekarang ini, apalagi keadaan telah jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu,” ringkasnya.

Sebelumnya Pemuda Jamur Atu sambangi kantor Diskominfo Bener Meriah untuk beraudiensi terkait pengadaan jaringan karena menurutnya telah lama Daerah mereka haus akan kelancaran komunikasi dan mudahnya akses informasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00