Kakanwil Kemenag Aceh Kunjungi Dayah Ruhul Qurani

KBRN, Meulaboh: Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal MAg  mengunjungi Dayah Ruhul Qurani yang berlokasi di Gampong Leuhan, Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat, Kamis 18 Agustus 2022.

Turut didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat, H Samsul Bahri SAg. Kabid Pendidikan Madrasah, Zulkifli SAg MPd. Kasubbag Tata Usaha, Suhadi SAg. Kasi Pendidikan Madrasah, Iswandi SPdI. Kasi PD Pontren, Tgk Aidy Putra SAg. Kasi Bimas Islam, Drs H Jakfar. Kasi PHU, Drs H Tharmizi dan Penyelenggara Zakat dan Wakaf, Furqan SAg.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Dr H Iqbal MAg mengaku takjub melihat master plan pembangunan Dayah Ruhul Qurani yang sangat luar biasa. Menurutnya Dayah Ruhul Qurani sangat bermanfaat bagi masyarakat Aceh, khususnya masyarakat Aceh.

Iqbal menyampaikan, pihaknya akan terus mendukung dan memfasilitasi, serta membantu berjalannya proses belajar mengajar (PBM) di Dayah Ruhul Qurani, salah satunya dengan akan membantu penerbitan izin operasional sesuai yang diajukan, baik madrasah maupun pondok pesantren.

Ia berharap, Dayah Ruhul Qurani segera rampung dan dapat menjalankan proses belajar mengajar (PBM) dengan baik dan lancar, serta mampu berkembang untuk membentuk generasi yang berkualitas di masa mendatang.

Sementara itu, Penasehat Yayasan Tibers Meulaboh, Muzakir mengatakan, rencana gagasan Dayah Ruhul Qurani di Kabupaten Aceh Barat telah dilakukan sejak tahun 2011 lalu. Namun dengan berbagai kendala, pencetusan dapat dilakukan saat ini.

“Insyaallah tahun depan kita dapat melaksanakan PBM,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Tibers Meulaboh, H Kamil Syafruddin Lc mengatakan, Dayah Ruhul Qurani akan menyediakan berbagai fasilitas bagi santri, diantaranya fasilitas asrama, kelas belajar, kamar mandi 1:3, klinik, perpustakaan, aula, lapangan indoor dan outdoor, laboratorium IPA, fisika, kimia, bahasa dan komputer, serta rooftop pengamatan benda langit.

Selain itu, Dayah Ruhul Qurani memiliki program unggulan, disamping pelajaran umum, yaitu, program tahfidzul quran, bahasa asing, dan belajar kitab turats. 

“Kita juga tidak membenarkan guru untuk memberikan PR kepada santri. Setiap tugas harus dituntaskan diselesaikan di dalam kelas,” pungkasnya.

Kamil menambahkan, proses belajar mengajar (PBM) Dayah Ruhul Qurani ditargetkan akan dimulai pada tahun 2023 mendatang. Bagi calon siswa yang ingin mendaftar, dapat memantau langsung pengumumannya di akun instagram dan facebook Dayah Ruhul Qurani.[

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar