51 Penyuluh Agama Islam Dibekali Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama

KBRN, Calang:  Penyuluh Agama Islam di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya mengikuti pembinaan penguatan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama, Rabu (10/8). 

Tercatat sebanyak 51 penyuluh  Agama Islam mengikuti kegiatan tersebut 3 di antaranya Penyuluh PNS dan 48 Penyuluh Non PNS. Kegiatan telah dilaksanakan pada Selasa (9/8) kemarin,  yang dilaksankan di Mushalla Kantor Kemenag setempat. 

Kepala Seksi Bimas Islam Dr. H. Zulkarnaini, M.Ag menyampaikan dalam laporannya kegiatan tersebut merupakan program prioritas Kementerian Agama pelatihan Wawasan Kebangsaan dan Moderasi Beragama bertujuan untuk mengoptimalkan peran penyuluh di masyarakat.

"Penyuluh agama tidak hanya mencintai Agama tapi juga mencintai negara, Agama Kuat Negara Hebat," ajaknya.

Dr. Zul juga menyampaikan kepada seluruh peserta juga diberikan sertifikat penghargaan.

Sementara itu Kepala Kankemenag aceh jaya  Drs. H. Boihakki, M.Sos dalam arahannya juga menyampaikan penyuluh merupakan tokoh masyarakat dan juga tokoh ulama,  semua aktifitas keagamaan di lapisan masyarakat terbawah yang pertama mengetahui adalah penyuluh.

Untuk itu Penyuluh dituntut harus berwawasan luas, dan perlu ditekankan moderasi beragama bukan merubah agama  tapi mengaktualisasi ilmu yang sudah ada untuk menjelaskan kepada masyarakat, dengan tidak jangan kaku. Moderasi beragama mengandung arti mengambil jalan tengah dalam menerapkan aturan agama di tengah pluralistik masyarakat.

Lebih lanjut kakankemenag menegaskan penyuluh merupakan orang yang berada di garda terdepan untuk menyampaikan kebenaran kepada masyarakat, untuk itu harus bisa mendalami ilmu secara mendalam karena kita berkaca dari tokoh-tokoh Ulama kita para pimpinan pondok pesantren,  orang yang mempunyai kualitas keilmuan akan dihargai karena keberkahan ilmu yang di miliki dan diamalkannya.

Pada kegiatan tersebut turut menghadirkan Pemateri Kapten inf Hendri sanova Danramil 0114-5 Panga, dan turut hadir Kepala Penyelenggara Zakat dan wakaf Alfaizin, S.Pdi, M.M.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar