KUA Harus Menjadi Garda Terdepan Dalam Persoalan Urusan Agama

KBRN,Aceh Besar: Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr. H. Iqbal SAg MAg membuka secara resmi kegiatan Capacity Building Provinsi Aceh di Aula Permata Hati Hotel, Aceh Besar 1/7/2022

Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun KUA yang profesional, mudah, dan ikhlas dalam melayani.

Dalam sambutannya Iqbal berharap KUA di tengah-tengah masyarakat dengan memperkuat SDM, sarana prsarana dan lintas sektoral.

"KUA juga harus menjadi rujukan masyarakat, dalam bimbingan keagamaan  yang mewakili kehadiran negara, untuk melayani dan bersikap moderat," katanya.

Selain itu, Kakanwil juga menyampaikan bahwa KUA bukan hanya mengisi pada persoalan pernikahan saja, melainkan turunan dari Kementerian Agama sesuai dengan namanya yang mengurusi segala persoalan agama.

Termasuk dalm hal penyuluhan, pengembangan ekonomi masyarakat, dakwah, dan lain sebagainya

“Kita harus berperan di garda terdepan dalam persoalan urusan agama, melakukan revitalisasi, inovasi-inovasi serta menghadirkan evaluasi SDM untuk peningkatan kapasitas dan pelayanan KUA dengan membuka pintu komunikasi bersama masyarakat agar terwujudnya pelayanan yang prima di berbagai aspek” tegas Iqbal.

Terakhir ia berharap program revitalisasi yang menjadi unggulan menteri Agama dapat diterapkan di setiap KUA yang ada, sehingga SDM yang ada dapat memberikan pelayanan prima (service excellent), kemampuan menerima keluhan/komplain masyarakat, kemampuan menghadapi masyarakat yang ramah dan memahami SOP pelayanan KUA.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar