Aktivis dan Mantan Koresponden Serambi Indonesia Jadi Kakankemenag Gayo Lues

KBRN, Idi: Mantan koresponden media ternama di Aceh  yaitu Harian Serambi Indonesia, H Akly SAg MH, dilantik sebagai sebagai Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Gayo Lues. 

H Akly dilantik oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh, Dr H Iqbal SAg MAg, bersama 15 pejabat administrator lainnya di lingkungan Kemenag Aceh, yang berlangsung pada Rabu (18/5/2022) yang lalu di Aula Kantor Kanwil Kemenag Aceh.

Mereka yang dilantik yaitu, Kepala Bagian Tata Usaha (Kabag TU) yang sudah lama kosong, 5 Kepala Bidang (kabid), dan 10 Kepala Kankemenag kabupaten/kota di Aceh.

Sebelum dilantik sebagai Kepala Kankemenag Gayo Lues, jabatan terakhir H Akly Zikrullah sebagai Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kankemenag Aceh Timur dari tahun 2015-2022.

Untuk diketahui, bahwa Akly Zikrullah pernah menjadi jurnalis Harian Serambi Indonesia, media tahun 2004.

Hal itu diketahui berdasarkan surat tugas yang dikeluarkan Serambi Indonesia yang ditandatangani Mawardi Ibrahim selaku Wakil Pemimpin Redaksi, 15 September 2004, yang menyatakan bahwa atas nama Akly Zikrullah, merupakan koresponden Serambi Indonesia, untuk wilayah tugas Banda Aceh.

Jabatan lainnya yang pernah dijabat Akly, sebelum dilantik jadi Kankemenag Gayo Lues, yaitu Kepala KUA Idi Rayeuk, Kepala KUA Julok, Kepala KUA Peureulak, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kankemenag Aceh Timur, Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kemenag Aceh Timur.

Sosok yang pernah meraih juara teladan Peringkat ke-2 Kepala KUA Kecamatan ini juga dikenal aktif di berbagai organisasi di Aceh Timur, di antaranya:

Anggota MPU Kabupaten Aceh Timur, LPTQ Kabupaten Aceh Timur, Pengurus Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Aceh Timur, KNPI Aceh Timur, Alwasliyah Aceh Timur, BKPRMI Aceh Timur, Pengurus Inshafuddin Aceh Timur, dan Pengurus FKUB Kabupaten Aceh Timur serta Keluarga Besar Pelajar islam Indonesia (PII) Aceh Timur.

Dilantik menjadi Kepala Kankemenag Gayo Lues, menjadi kebanggaan tersendiri bagi Akly Zikrullah. 

Pasalnya, sebelumnya ia bukan hanya menduduki sejumlah jabatan dalam lingkungan Kemenag Aceh Timur. Tapi juga pernah menjadi wartawan media ternama di Aceh, yakni wartawan Serambi Indonesia. 

"Wartawan bukan hanya bisa menjalankan tugas jurnalistik saja. Tapi wartawan juga bisa jadi pejabat," ungkap mantan Kasubbag TU Kemenag Aceh Timur ini.

Salah satu tugas Kementerian Agama, ungkap Akly, adalah memberikan informasi tentang keagamaan kepada masyarakat luas.

Berbekal pengalaman pernah menjadi wartawan Serambi Indonesia tahun 2004 silam, Akly pun optimis mampu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. 

"Masa menjadi wartawan kita telah terbiasa menghadapi masyarakat dengan berbagai macam persoalan, sudah terbiasa menyampaikan pesan melalui tulisan, karenanya berbekal ilmu jurnalistik masa lalu tentu kita tentu lebih mudah menyampaikan informasi kepada masyarakat," ungkap Akly. 

Pasca dilantik sebagai Kepala Kankemenag Gayo Lues, Akly, berkomitmen akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. 

"Kita berharap bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di sana. Sebaiknya tidak ada jarak pemisah, masyarakat diharapkan langsung datang ke kantor apa pun yang dibutuhkan, dan kita akan melayaninya," cetus Akly.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar