Mahasiswa: Realisasi Program 1 KK 2 Hektar Shafda Terkesan Hanya Gugurkan Janji Politik

KBRN, Takengon: Shabela Abubakar-Firdaus (Shafda) pada kampanye Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Aceh Tengah tahun sebelumnya melempar janji memberi lahan seluas 2 Hektar untuk 1 Kepala Keluarga (KK) baru, atau popular di dengar masyarakat program 1 KK 2 Hektar lahan.

Tampaknya di tahun ketiga kepemimpinan Shafda, program tersebut mulai terealisasi seiring Dinas Pertanian Aceh Tengah membuka pendaftaran program pembangunan untuk pembagian lahan kepada pecahan Kepala Keluarga (KK) baru bagi warga Aceh Tengah.

Namun, progam tersebut mendapat sorotan dari Mahasiswa Ilmu Sosial Politik (Sospol) Universitas Gajah Putih Takengon, Alfin Huda.

“Itu hanya sekedar melaksanakan janji. Seharusnya diberikan jadup, rumah dan fasilitas. Sehingga kebun itu bisa di panen. Jikalau hanya disediakan tanah, tapi tidak dibina, tidak dikasih rumah, itu terlalu jauh (jarak), tidak mungkin pulang hari (peserta penerima program),” kata Mahasiswa Ilmu Sosial Politik (Sospol) Universitas Gajah Putih Takengon, Alfin Huda, Selasa (3/11/2020).

Pinta Alfin, Pemerintah Aceh Tengah untuk melakukan evaluasi dengan memberi jatah hidup, rumah dan fasilitas pertanian dan pembinaan agar progam tersebut berhasil.

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah Nasrun Liwanza mengakui bahwa dalam program pembangunan untuk pembagian lahan kepada pecahan Kepala Keluarga (KK) baru itu tidak menyertakan jadup dan fasilias rumah.

“Memang enggak kita kasih Pak. Itu kita enggak kasih jadup, enggak kasih rumah. Jadi ini pola baru, yang dulu seperti Ketapang kita kasih jadup enggak berhasil juga. Jadi ini kita usahakan berkolaborasi dengan keluarganya. Waktu merawat itu dimana tinggal, itu tergantung dari keluarganya bagaimana, jadi kita berkolaborasi. Jadi kita bilang ke dia (penerima) enggak ada jadup, enggak ada rumah, bagaimana?,” jelas Narsun kepada RRI.

Saat ini tahapan realisasi program pembangunan untuk pembagian lahan kepada pecahan Kepala Keluarga (KK) baru bagi warga Aceh Tengah masih dalam seleksi berkas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00