PGK ke DPR Aceh: Segera Penuhi Hak Konstitusi Nova Iriansyah

KBRN, Takengon: Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh hingga saat ini belum juga menjadwalkan sidang paripurna dalam rangka pelantikan Nova Iriansyah menjadi Gubernur Aceh definitive.

Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Aceh Tengah Feri Yanto mendesak DPR Aceh untuk segera menjadwalkan dan melakukan sidang paripurna dalam rangka pelantikan Nova Iriansyah menjadi Gubernur Aceh definitive.

“Jadi kita minta DPR Aceh untuk segera melaksanakan paripurna tentang pelantikan Gubernur Aceh defenitif. Segeralah. Selama ini DPRA terkesan telah menciderai hak konstitusi Pak Nova selaku Plt Gubernur Aceh yang hari ini ternyata sudah dikeluarkan Keppres dari Presiden Pak Jokowi untuk pengesahan Gubernur defenitif setelah memberhentikan Pak Irwandi dari Gubernur Aceh,” kata Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Aceh Tengah Feri Yanto, Senin (19/10/2020).

Timpal Feri, status Plt Gubernur Aceh sangat berpengaruh terhadap jalannya roda pemerintahan Aceh, mengingat jabatan Plt tidak memiliki kewenangan penuh dalam pengambilan kebijakan di Pemerintah Aceh.

“Plt itu segala sesuatunya masih harus melakukan komunikasi dan harus melalui persetujuan Kementerian Dalam Negeri. Jadi sangat disayangkan Plt sangat berlarut, sementara masyarakat menantikan kebijakan yang penting yang dapat membawa kesejahteraan masyarakat,” timpalnya lagi.

Feri mengingatkan DPR Aceh untuk tidak mementingkan ego sendiri ataupun kepentingan kelompok politiknya.

“DPRA tidak mementingkan egonya sendiri, tidak mementingkan kepentingannya sendiri yang notabenenya itu bukan kepentingan masyarakat, tetapi lebih kepada kepentingan kelompok politik mereka saja di DPR,” demikian Ketua Perkumpulan Gerakan Kebangsaan (PGK) Aceh Tengah Feri Yanto.

Presiden RI Joko Widodo sebelumnya telah mengeluarkan Keppres pemberhentian Irwandi Yusuf dari jabatannya sebagai Gubernur Aceh periode 2017-2022.

Keppres tersebut sudah diterima pimpinan DPRA sejak Agustus 2020.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00