Kehadiran Posbakum Bantu Masyarakat yang Tersandung Kasus

KBRN, Redelong: Berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum,  Pasal 1 (1) dinyatakan bahwa Bantuan Hukum adalah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada penerima bantuan hukum.

Untuk kabupaten Bener Meriah, Pengadilan telah menjalin kerjasama dengan Lembaga Bantuan Hukum.

Di mana masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan tersebut.

Ketua Pos Bantuan Hukum (Posbakum) Bener Meriah Reilawati menyampaikan kehadiran Posbakum selain membantu masyarakat yang tersandung kasus, juga membantu masyarakat yang ingin mengakses hukum.

"Tersandung kasus dan yang kedua untuk membantu masyarakat yang ingin mengakses keadilan. Misalnya ini di masyarakat ada persoalan konflik tanah, kan dia enggak ada tempat lain mengakses informasi, dalam pemikiran masyarakat pengadilan yang bisa dimintai jawaban untuk bagaimana kasus itu bisa diteruskan. Nah pengadilan memberikan kewenangan itu kepada Posbakum untuk memberikan akses hukum kepada masyarakat yang tersandung hukum, masyarakat yang ingin mendapat keadilan," jelasnya, Minggu (11/7/2021).

Masyarakat di Bener Meriah sendiri hingga Juli 2021 yang telah memanfaatkan Posbakum ungkap Reilawati rata-rata dalam satu bulan antara 5 sampai dengan 7 orang.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya.

"Ini relevansinya dengan kasus, ini lumayan banyak orang sudah memahami pentingnya bantuan hukum," demikian Ketua Pos Bantuan Hukum.

Satiran 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00