Perdana Karena Pandemi, Kampus di Takengon Gelar PBAK Virtual

KBRN, Takengon : Pelaksanaan Pengenalan Budaya Akadmeik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun ini di Kampus IAIN Takengon akan berlangsung secara  virtual menggunakan aplikasi zoom.

Pola ini baru perdana dilakukan di kampus itu akibat wabah corona. PBAK tahun ini dijadwal pada Senin dan Selasa, 21-22 September 2020, di Gedung Aula Biro IAIN Takengon.

Pertimbangan akademik melaksanakan PBAK secara virtual ini semata pencegahan penyebaran Covid di Aceh Tengah.

Rencana ini juga sudah disimulasikan guna mematangkan pelaksanaanya nanti.

Pelaksanaannya juga direncana disiarkan langsung di chanel youtube akademik.

Penanggung jawab Ramdan Syahpitrah menyebut, ada sekitar 300 mahasiswa baru yang akan mengikuti PBAK secara virtual tahun ini.

Adapun atribut persis sama dengan PBAK tahun sebelumnya dengan menggunakan baju putih lengan panjang dipadukan bawahan hitam dan sejumlah atribut yang telah ditetapkan. Panitia kata Ramdan, akan memantau keaktifan mahasiswa dengan mengisi daftar hadir sesi awal dan akhir materi.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus sebutnya, akan diberikan sertifikat untuk digunakan sebagai dasar mendaftar sidang skripsi di akhir semester. Tujuan penting lain dari PBAK ini kata Ramdan, agar mahasiswa baru memahami layanan dan kegiatan kemahasiswaan yang ada di kampus IAIN Takengon.

Untuk itu, Ia berharap agar peserta dapat mengikuti PBAK secara maksimal guna memahami secara detail materi yang disampaikan.

Panitia kata Ramdan, juga menyediakan 40 unit komputer di Lab Kampus IAIN Takengon. Fasilitas ini katanya, diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki fasilitas Dalam Jaringan (Daring) atau terkendala jaringan internet.

“Materinya juga kita bagi lagi, supaya dapat dibaca ulang selesai PBAK,” katanya saat ditemui rri, Jumat (18/9).

Ketua Panitia Ruri Amanda mengatakan, materi dalam PBAK akan disampaikan oleh narasumber yang berasal dari internal kampus. Adapun rangkaian kegiatan kata Ruri, diawali dengan sidang senat terbuka penerimaan mahasiswa baru, dilanjutkan dengan materi terkait layanan kegiatan akademik dan kemahasiswaan dan presentasi kegiatan mahasiswa yang akan disampaikan langsung oleh masing-masing pimpinan organisasi kampus.

“Kalau ada Organisasi yang ingin tampil juga kita akomodir,” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00