Belajar Tatap Muka Belum Digelar, Guru di Aceh Tengah Siap Datangi Siswa Luring

KBRN, Redelong : Dinas pendidikan kabupaten Aceh Tengah berencana akan mendata para siswa tingkat SD dan SMP yang berada di luar jaringan (Luring) atau yang tidak terakses dengan jaringan internet.

Kepala Dinas Pendidikan Aceh Tengah Uswatudin mengatakan hal itu dilakukan sebagai upaya untuk memaksimalkan sistem belajar dari rumah, mengingat hingga saat ini SMP di daerah itu belum diizinkan untuk menggelar proses belajar mengajar secara tatap muka.

Disebutkan, salah satu kendala yang dihadapi pada pelaksanaan belajar online tersebut ialah jaringan, karena tidak semua tempat tinggal siswa memiliki akses internet.

Oleh karena itu perlu adanya alternatif maupun upaya-upaya lain agar aktivitas belajar mengajar ditengah pandemi covid-19 dapat berjalan maksimal.

Setelah dilakukan pendataan nantinya guru dimasing-masing sekolah akan mengantar bahan ajar atau tugas ke rumah-rumah siswa.

Selain itu jika tempat tinggal siswa tersebut merupakan kampung yang terdapat pasien positif Covid-19, maka akan dilakukan dengan teknis tertentu seperti meletakan bahan ajar atau tugas di depan pintu atau pagar tanpa bertemu langsung.

“Ini merupakan upaya kita untuk mengefektifkan sistem belajar dari rumah ini, karena kita tahu banyak siswa kita yang rumahnya tidak ada sinyal,” kata uswatudin

Sementara itu juru bicara percepatan Penangan Covid-19 Aceh Tengah dr Yunasri membenarkan bahwa pemerintah kabupaten setempat belum mengizinkan SMP sederajat menggelar belajar tatap muka.

Bahkan untuk tingkat SMA sederajat yang sebelumnya telah menggelar tatap muka sejak 13 Juli 2020 saat ini juga kembali menerapkan Belajar dari rumah akaibat meningkatnya kasus konfirmasi positif Covid-19 di di kabupaten tersebut.

Ditambahkan, proses belajar tatap muka belum dapat dipastikan kapan akan kembali diperbolehkan pada sekolah-sekolah di Aceh Tengah , karena tergantung dengan situasi dan perkembangan kasus covid-19 di daerah itu.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00