Orang Tua Berhak Tak Izinkan Anak Belajar Tatap Muka di Sekolah

KBRN,Takengon : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah merilis jadwal masuk sekolah tahun ajaran baru 2020/2021 yang direncanakan berlangsung serentak diseluruh tanah air pada 13 Juli 2020.

Dalam tahun ajaran baru ini, setiap daerah yang dinyatakan sebagai zona hijau telah diperbolehkan melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan.

Akan tetapi Sebut Kasi Pengembangan Mutu Guru dan Tenaga Kependidikan Cabang Dinas Pendidikan Aceh Tengah, Hendri Putra pihak sekolah tidak dapat memaksakan murid kembali ke sekolah tanpa adanya izin orang tua.

Dijelaskan, bagi yang tidak mendapatkan izin belajar disekolah karena kekhawatiran masih merebaknya pandemi Covid-19, maka murid tersebut akan tetap mengikuti ajaran baru dengan kembali belajar online dari rumah.

“Setiap anak yang akan belajar dengan tatap muka di sekolah, harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali murid, tapi kalau tidak mendapatkan izin, karena masih merasa khawatir, maka akan ikut belajar secara daring,” katanya, Jum’at (10/7/2020).

Hendri Putra menambahkan, sebagai daerah zona hijau setiap sekolah di Aceh Tengah  hingga saat ini terus menyiapkan berbagai skema dalam menyambut datangnya tahun ajaran baru yang akan segera berlangsung.

Selain menyediakan westafel untuk mencuci tangan, juga sedang disusun terkait rencana penerapan jarak tempat duduk dan jumlah maksimal siswa di dalam kelas, termasuk durasi waktu belajar ideal yang akan diterapkan.

“Semua sekolah sedang lakukan persiapan, bagaimana tata cara saat siswa datang ke sekolah, belajar, sampai pulang ke rumah, ini terus disimulasikan, sebelum nantinya akan disosialisasikan kepada murid dan orang tua,” jelasnya.(FJ)  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00