RRI Gelar Lomba Bercerita

KBRN, Takengon: Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) kembali menyelenggarakan lomba bercerita untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD).

Kepala RRI Takengon, Muhsin Zein menyampaikan pandemi Covid-19 sejak Maret 2020 belum juga berakhir.

Sedangkan aturan pembelajaran di sekolah pun masih sangat ketat. Meskipun nantinya pemerintah memperbolehkan pembelajaran tatap muka terbatas.

"Apapun aturannya, kita tidak boleh putus asa dan khususnya anak tidak boleh dibendung kreatifitasnya," kata Kepala RRI Takengon, Muhsin Zein, Senin (21/6/2021).

Lomba bercerita dengan harapan ini tambahnya dalam rangka Hari Anak Nasional tahun 2021 dan untuk mewadahi kreatifitas pelajar SD khususnya kemampuan dalam bercerita.

"Pemenang lomba di RRI Takengon selanjutnya akan dikirim naskah dan rekaman video dan audionya ke panitia pusat untuk diperlombakan di tingkat nasional," demikian Muhsin Zein.

Ketentuan Umum Lomba:

Lomba ditujukan untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar dan anak putus sekolah berusia maksimal 11 tahun di Aceh Tengah, Bener Meriah dan Kabupaten Gayo Lues.

Peserta menceritakan pengalaman, perasaan dan harapannya tentang segala sesuatu yang menarik dan menginspirasi bersumber dari imajinasi anak atau pengalaman nyata di lingkungan sekitar.

Perlombaan melalui rekaman video dan audio visual. Menggunakan bahasa tutur dan tema cerita bebas, bukan dongeng atau legenda yang sudah ada.

Ketentuan Khusus Lomba

Peserta adalah pelajar SD aktif di wilayah Aceh Tengah, Bener Meriah dan Gayo Lues, dibuktikan surat keterangan dari sekolah dan anak putus sekolah berusia maksimal 11 tahun, dibuktikan dengan akte kelahiran atau surat keterangan dari lurah/pemerintah desa setempat.

Cerita murni karya peserta lomba, dibuktikan dengan surat pernyataan orisinil karya di atas materai 10.000

Bentuk naskah bebas, diketik dengan jenis huruf Arial 12 dan 1 ¹/² spasi.

Durasi lomba bercerita 5 menit. Naskah, rekaman audio dan video visual peserta lomba cerita anak RRI ini menjadi milik RRI dan apabila masuk 10 besar, rekaman audio akan diputar oleh RRI seluruh Indonesia.

Peserta mengirimkan rekaman video dan audio visual cerita ke RRI Takengon melalui email ceritaanak.rritkn@gmail.com atau ke kantor RRI Takengon jalan Lembaga, Kemili Takengon, paling lambat tanggal 23 Juli 2021.

Penjurian lomba akan dilaksanakan pada tanggal 28 Juli 2021.

Pemenang lomba akan dikirim naskah dan rekaman video dan audionya ke panitia pusat untuk diperlombakan di tingkat nasional.

Pelaksanaan Lomba Secara Nasional

Penjurian ditingkat nasional dimulai tanggal 9 Agustus 2021 untuk memilih 10 terbaik dan tanggal 11 Agustus 2021 untuk memilih juara 1,2 dan 3 nasional.

Juri cerita anak terdiri dari unsur RRI, pencerita dan psikolog anak. Penilaian meliputi materi cerita, penghayatan, kreatifitas dan harmonisasi.

Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah untuk tingkat nasional dilakukan pada tanggal 11 September 2021 dalam acara perayaan Hari Radio ke 76.

Pemenang lomba di RRI Takengon mendapatkan trophy, piagam penghargaan dan dana apresiasi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00