Resmi Sandang Gelar Doktor, 17 Dosen di IAIN Takengon Ditepung Tawar

KBRN, Takengon: Menyambut bulan suci ramadhan 1442 Hijriah, IAIN Takengon menggelar doa bersama dengan dewan penyantun dan para dosen.

Pada sela kegiatan itu pula ada prosesi adat bagi 17 Dosen di IAIN Takengon.

Ternyata 17 dosen tersebut telah resmi menyandang gelar sebagai Doktor, sehingga ditepung tawar atau pesejuk.

Rektor IAIN Takengon Dr. Zulkarnain, M. Ag menyampaikan pesejuk tersebut merupakan bentuk kearifan lokal dan untuk memuliakan ilmu.

"Pesejuk tepung tawar ini sendiri bentuk kearifan lokal untuk memuliakan ilmu, memohon keselamatan pada Allah, sebagai bagian dari kearifan lokal yang ada di masyarakat kita," kata Rektor IAIN Takengon Dr. Zulkarnain, Jumat (9/4/2021).

Pantauan RRI di gedung Biro IAIN Takengon, 17 Dosen yang resmi menyandang gelar Doktor tersebut duduk pada tikar dan dilapisi alas yang disebut masyarakat suku Gayo sebagai Ampang, (tanda orang dimuliakan), membentuk dua barisan bershaf, untuk selanjutnya mendapat tepung tawar.

"Dalam catatan DR. H. Mahmud Ibrahim (Allah Yarham) pernah saya baca bahwa Tgk. Harun Gelelungi ikut serta dan dalam pembahasan untuk mendirikan Yayasan Gajah Putih Takengon, pada masa beliau menjabat DPRD Aceh Tengah waktu itu. Mahmud Ibrahim pernah menceritakan kalau Tgk. Harun itu di juluki "Gajah Kolak Kemiring" simbol kewibawaan dan kharismatiknya," sebut Rektor IAIN Takengon.

Siapa saja Dosen IAIN Takengon yang resmi menyandang gelar Doktor setahun terakhir? Berikut nama-namanya:

1. Abdus Syukur

2. Saifullah

3. Hamdan

4. Ramsah Ali

5. Jufri Hasani

6. Edy Saputra

7. Ika Hartika

8. Rosdaniah

9. Ihsan Harun

10. Ismet Nur

11. Suwarno

12. Ramadan

13. Indra

14. Evanirosa

15. Asliana

16. Abidah

17. Edi Syah Putra.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00