Jeda Paruh Musim F1, Pembalap Dan Tim Ngapain Aja?

Max Verstappen Rutin Menjaga Kebugaran Tubuhnya Saat Libur Paruh Musim F1. Foto: Twitter @MaxVerstappen1
Juara Dunia F1 7 Kali Lewis Hamilton Terpantau Sedang Berlibur Di Namibia, Sebuah Negara Yang Berada Dikawasan Afrika Selatan. Foto: Twitter @LewisHamilton
Pembalap Scuderia Ferrari Charles Leclerc Juga Terpantau Berlibur Dengan Keluaga Beserta Kekasihnya Diatas Kapal Pesiar.
Juara Dunia F1 2 Kali Fernando Alonso Sedang Mengendarai Gokart Untuk Mengisi Waktu Santai Saat Liburan Di Sirkuitnya Sendiri Yaitu Museo Y Circuito Fernando Alonso.

KBRN, Redelong: Sudah kurang lebih 2 minggu ke belakang ini para penggemar balap mobil F1 tidak disajikan aksi memukau dan menegangkan dari para pembalap di lintasan sirkuit. Jika dilihat dari kalender balap f1 memang tidak ada balapan yang diselenggarakan dari tanggal 1 agustus sampai 25 agustus. Jeda ini lah yang dikenal sebagai summer break nya F1.

Sama halnya seperti pekerjaan lainnya, F1 sendiri ternyata memberikan waktu cuti bersama untuk para pembalap, crew tim serta para pekerja yang terjun langsung dalam dunia balap tersebut. Tentu hal itu dilakukan bukan tanpa sebab, walaupun ibaratnya seorang pembalap sudah menjadi mega bintang diatas lintasan, tetap saja pembalap itu juga manusia biasa yang membutuhkan waktu istirahat dan liburan bersama keluarga serta sanak saudara.

Padatnya jadwal balapan yang di mulai dari awal tahun sampai akhir tahun, membuat semua orang yang terlibat langsung dalam F1 membuatnya nyaris tak ada waktu bersantai apalagi untuk sekedar kumpul bersama orang orang terdekat. Hal itu yang membuat jeda paruh musim mejadi sangat berarti bagi orang orang termasuk pembalap untuk memanfaatkan waktu sebaik mungkin bersama keluarga.

Summer break F1 atau cuti bersama tersebut ternyata memang sudah diatur oleh FIA selaku organisasi balap mobil dunia, hal itu tertuang dalam peraturan sporting regulation yang diterbitkan oleh FIA. Selama periode libur tersebut seluruh tim dilarang untuk menggunakan fasilitas windtunnel yang mereka miliki. Dilarang menggunakan CFD untuk kepeluan simulasi mobil. Dilarang membangun atau merubah spek mobil. Dilarang memproduksi spare part mobil. Serta juga dilarang melakukan meeting kepada seluruh crew tim maupun pembalap.

Dengan adanya aturan yang sudah dikeluarkan oleh FIA praktis membuat seluruh tim hanya bisa untuk menikmati waktu libur saja, tidak boleh ada aktivitas apapun yang dilakukan selama memasuki periode libur paruh musim. Jika tim kedapatan melakukan aktivitas yang dilarang, bisa saja nantinya tim tersebut mendapatkan sanksi disiplin yang akan diberikan oleh FIA selaku pemegang regulasi.

Sejauh ini terpantau di sosial media masing masing pembalap hampir semuanya pergi liburan bersama keluarga, kekasih, maupun sanak saudara mereka. Bos bos tim F1 beserta crew juga tak mau kalah dengan para pembalapnya, mereka semua juga berangkat liburan bersama orang orang tercinta praktis tak ada aktivitas lain selain hanya liburan di jeda paruh musim.

Di jeda libur ini biasanya rapor rapor para pembalap dan tim keluar. Supaya tim dan pembalap sama sama tahu apa saja yang selama ini bisa dijadikan bahan evaluasi lebih lanjut. Sehingga mereka semua bisa memperbaikinya di sisa musim yang akan masih berlanjut sampai akhir tahun nanti.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar