Mengenal Track Limit Di Balapan Formula 1

Sebanyak 43 Pelanggaran Track Limit Terjadi Pada Balapan F1 Gp Austria Musim 2022 ini, Sehingga Membuat Rekor Terbanyak Pelanggaran Yang Terjadi Sepanjang Sejarah F1. Foto: PlanetF1.Com
Sergio Perez Kedapatan Melanggar Aturan Track Limit Lebih Dari 3 Kali Saat Sesi Kualifikasi Pada Gp Austria 2022. Hal Tersebut Membuat Lap Timenya Dihapus Oleh Steward (Pengawas Lomba)

KBRN, Redelong: Sebagai puncak dari olah raga balap mobil dunia, Formula 1 memiliki banyak regulasi yang sangat ketat untuk dipatuhi seluruh tim maupun pembalap. Salah satu peraturan yang sedang hangat dibicarakan oleh banyak orang adalah Track Limit.

Track limit sendiri sering di salah artikan oleh banyak tim dan sebagian pembalap, tidak sedikit juga banyak yang masih tidak begitu mengerti dengan penerapan track limit di sirkuit. Lantas apa itu track limit?

Batas lintasan atau track limit di F1 didefinisikan sebagai garis putih di sepanjang tepi track, yang secara teori pembalap harus tetap berada didalam garis tersebut selama balapan. Jadi apabila pembalap melebihi garis putih tersebut untuk mendapatkan keuntungan dan melakukannya terlalu sering mereka akan dijatuhi hukuman penalty waktu oleh steward.

Dan jika pembalap melakukannya pada sesi kualifikasi, lap time nya bisa saja dihapus oleh pengawas balapan yang tentu saja membuat semua pembalap menjadi ketar ketir. Namun sering kali pembalap masih diperbolehkan melebihi track limit jika situasi tidak aman bagi si pembalap misalkan untuk menghindari tabrakan antar pembalap lain.

Selain itu peraturan track limit juga berlaku saat menyalip, dimana pembalap tidak diperbolehkan melebihi garis putih ketika meng-overtake pembalap lain. Dalam hal ini pembalap yang menyalip harus mengembalikan posisi kepada rivalnya seperti yang pernah terjadi pada gp Bahrain 2021 ketika Max Verstappen menyalip Lewis Hamilton. Namun karena Verstappen menyalip Hamilton melalui garis putih luar track, otomatis Verstappen pun harus mengembalikan posisi pimpinan lomba kepada Hamilton.

Secara teknis peraturan seperti ini tampaknya mudah diterapkan untuk beberapa track seperti monaco, baku dan marina bay dimana tidak ada ruang untuk membuat kesalahan. Tetapi jenis track lain seperti red bull ring dan paul Ricard misalnya, keduanya memiliki karakter sirkuit alami yang memungkinkan pembalap melaju melewati garis putih yang mendekati batas lintasan. Sehingga potensi terjadinya pelanggaran track limit menjadi semakin besar di kedua sirkuit tersebut.

Red bull ring sebenarnya sudah sangat familiar dengan masalah track limit. Dimana pada musim 2021 lalu belasan pembalap F1 berurusan langsung dengan masalah tersebut. Trend ini kemudian berlanjut pada musim 2022 ini, tercatat 43 pelanggaran track limit dilakukan pembalap pada balapan di sirkuit red bull ring tahun ini. Pembalap yang melanggar track limit tersebut akhirnya dijatuhi hukuman penalty lantaran melampaui batas track sebanyak 3 kali.

Tidak hanya di balapan formula 1, track limit juga di terapkan pada balapan formula 2 dan formula 3. Sejauh ini sudah tak terhitung lagi berapa banyak pelanggaran track limit yang dilakukan pembalap F1, F2 dan F3 saat membalap di sirkuit.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar