Carlos Sainz Pecah Telur Setelah 150 Kali Balapan F1

Carlos Sainz Silverstone 2022
Sainz
CarlosSainz

KBRN, Redelong: Penantian dan perjuangan panjang akhirnya bisa diselesaikan oleh pembalap f1 scuderia ferrari, Carlos Sainz di gelaran F1 gp inggris yang berlangsung minggu 3 juli pukul 15:00 waktu setempat atau pukul 21:00 wib.

Carlos Sainz sukses memenangi f1 gp inggris 2022 Silverstone, ia juga sukses mewujudkan mimpinya untuk pertama kali memenangi balapan F1 semenjak bergabung dengan tim toro rosso pada awal musim 2015. Jika di kalkulasikan selama membalap di F1, kemenangan di gp inggris tersebut adalah balapan yang ke 150 bagi carlos sainz yang saat ini sudah berseragam ferrari tersebut. Butuh waktu kurang lebih 8 musim bagi sainz untuk mendapatkan kemenangan pertamanya di F1.

Banyak sekali drama yang disuguhkan pada balapan f1 ke 10 di musim ini yang diadakan di sirkuit Silverstone, Ketika balapan baru saja di mulai dan bendera hijau dikibarkan, sudah ada 5 pembalap yang terlibat crash sebelum memasuki tikungan pertama. Zhou Guanyu dari Alfa Romeo adalah pembalap yang paling fatal dalam insiden sesaat sesudah start sebelum memasuki tikungan pertama, mobilnya sampai terpental jauh sebelum akhirnya berhenti tepat di dekat tribun penonton.

George Russell dari Mercedes juga terpaksa harus meninggalkan balapan lebih awal karena insiden di lap pertama bersama dengan Zhou Guanyu dan Alexander Albon dari Williams.

Red Flag pun otomatis berkibar setelah terjadi insiden di lap awal balapan, mobil mobil pun bergegas untuk berjejer didalam pit sembari melakukan pengecekan ulang terhadap mobil yang terkena crash saat tikungan awal di lap pertama.

Kurang lebih sekitar 50 menit red flag dikibarkan sembari marshall di lapangan membersihkan puing puing sisa tabrakan dan memberikan waktu kepada pembalap untuk berdiskusi dengan crew tim mereka.

Green flag akhirnya dikibarkan kembali, pembalap pun melakukan re-start kembali di track, carlos sainz yang memimpin di awal sempat hampir bersenggolan dengan pembalap redbull max Verstappen di tikungan 2 dan tikungan 3.

Memasuki lap 10 carlos sainz karena kesalahannya sendiri melebar keluar track, yang otomatis posisinya diambil alih oleh max Verstappen. Tak berselang lama di lap 12 sainz mengambil alih kembali pimpinan lomba dari Verstappen dikarenakan mobil Verstappen diduga ada sedikit masalah di ban. Karena masalah itu mobil Verstappen semakin lambat di track.

Lap 21 sainz pit untuk ganti ban medium ke ban hard, otomatis pimpinan lomba di pegang rekan setim sainz, Charles leclerc, disusul posisi ketiga lewis Hamilton.

Lap 26 giliran leclerc yang pit untuk ganti ban medium ke ban hard, pimpinan lomba pun beralih ke Hamilton, leclerc pun keluar dari pit di posisi kedua tepat di belakang Hamilton dan didepan sainz.

Lap 34 akhirnya lewis Hamilton pit, otomatis leclerc lah yang pimpin lomba posisi 1, disusul sainz di posisi 2, Hamilton pun keluar dari pit langsung turun ke posisi 3.

Drama kembali dimulai di lap 39 ketika mobil Esteban Ocon dari tim alpine mengalami masalah hidrolik yang mengakibatkan mobil otomatis berhenti di tengah track, dan akhirnya memicu safety car keluar pada lap 40.

Disaat safety car keluar, semua pembalap masuk pit kembali untuk mengganti ban mereka yang rata rata memakai ban tipe hard berubah ke tipe soft karena balapan tersisa kurang lebih 12 lap lagi, dari semua pembalap yang berada di posisi depan, hanya Charles leclerc lah yang tidak masuk pit.

Apes bagi leclerc, disaat pembalap lain memakai ban baru yang lebih segar, ia tertahan dengan ban sebelumnya yang tidak diganti, alhasil 2 pembalap menyalip leclerc 5 lap sebelum bendera finish dikibarkan. Leclerc pun harus puas finish di posisi 4 di belakang Lewis Hamilton, Sergio Perez dan Carlos Sainz selaku pemenang lomba.

Berikut adalah hasil balapan F1 Gp Inggris 2022, Sirkuit Silverstone.

1. Carlos Sainz          (Scuderia Ferrari)          25 Poin

2. Sergio Perez         (Red Bull Racing)          18 Poin

3. Lewis Hamilton      (Mercedes)                    16 Poin (1 poin tambahan dari fastest lap)

4. Charles Leclerc      (Scuderia Ferrari)          12 Poin

5. Fernando Alonso    (Alpine)                          10 Poin

6. Lando Norris           (McLaren)                       8 Poin

7. Max Verstappen      (Red Bull Racing)           6 Poin

8. Mick Schumacher    (Haas)                            4 Poin

9. Sebastian Vettel       (Aston Martin)                2 Poin

10. Kevin Magnussen   (Haas)                            1 Poin

11. Lance Stroll             (Aston Martin)                 0

12. Nicholas Latifi          (Williams)                       0

13. Daniel Ricciardo      (McLaren)                       0

14. Yuki Tsunoda           (Alpha Tauri)                   0

15. Esteban Ocon          (Alpine)                          DNF

16. Pierre Gasly             (Alpha Tauri)                  DNF

17. Valtteri Bottas           (Alfa Romeo)                 DNF

18. George Russell        (Mercedes)                    DNF

19. Zhou Guanyu           (Alfa Romeo)                 DNF

20. Alexander Albon       (Williams)                      DNF

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar