Tamu PTQ RRI Terpikat dengan Kerawang Gayo

Tamu PTQ RRI tingkat nasional saat berada di Stand penyedia kerawang gayo. Foto@RRI

KBRN, Takengon : Stand penyedia kerawang gayo ramai dikunjungi tamu selama pelaksanaan PTQ RRI tingkat nasional ke 52. Banyak hasil kerajinan bermotif kerawang dibeli tamu luar.

Menurut pengakuan pembeli, mereka terpikat dari motif kerawang dan keterampilan bordir dari pengrajin itu sendiri.

Salah seorang tamu dari Sobolga, Bernad Saragi mengaku telah membeli sarung bermotif kerawang. Sarung kerawang itu koleksi pertamanya. Bernad Saragi terpikat dengan motif kerawang yang kaya warna.

“Motif dan paduan warnanya menarik,” katanya kepada usai mengunjungi stand kerawang, Sabtu (16/4).

Sekretaris Dekranasda Aceh Tengah, Huriyah mengaku banyak tamu luar membeli kerajinan kerawang di Stand Dekranasda. Ada sejumlah kerajinan kerawang yang disediakan seperti peci, mukenah dan sofenir bermotif kerawang. Barang itu katanya, dipasok dari sejumlah pengrajin lokal dan UMKM binaan Dekranasda.

“Ya, ini langsung dari pengrajin lokal,” katanya.

Hal senada disampaikan pemilik stand lain, Asnari. Bahkan Ia menyebut banyak pengunjung yang berswafoto dengan latar kerawang sebagai khas dataran tinggi gayo.

“Kita juga layani pesanan online, tinggal telpon saja,” katanya.

Dikatakan, ada sejumlah produk kerawang yang disediakan di stand miliknya. Produk yang dipasarkan itu katanya, merupakan industri milik keluarga. Asnari juga mengaku di stand miliknya turut menampung sejumlah produk kerawang dari pengrajin lokal.

Asnari berharap, melalui pelaksanaan event nasional PTQ RRI mampu membawa nama baik Aceh Tengah sekaligus menasionalkan kerawang gayo bahkan ke mancanegara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar