Pacuan Kuda Tradisional Gayo HUT RI ke-75 Ditiadakan

KBRN,Takengon : Event Pacuan  Tradisional Gayo untuk memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75 yang direncanakan berlangsung pada bulan Agustus mendatang terpaksa ditiadakan.

Kepala Dinas, Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Aceh Tengah Jumadil Enka mengatakan, peniadaan kegiatan tersebut yang biasanya rutin diselenggarakan setiap tahun dikarenakan pandemi Covid-19.

Dijelaskan, dalam setiap pelaksanaanya, acara yang sudah menjadi tradisi masyarakat Gayo itu menelan anggaran hingga ratusan juta rupiah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Kabupaten (APBK) setempat.

Akan tetapi sebut Jumadil, akibat adanya Covid-19 banyak anggaran untuk berbagai program kegiatan yang sebelumnya telah diprogramkan setiap SKPK harus dialihkan, dalam upaya mendukung pencegahan virus tersebut.

“Untuk pacuan kuda HUT RI ditiadakan, karena tidak bisa lagi kita anggarkan, dananya sudah direfocusing untuk Covid-19. Itu sesuai peraturan Menteri Keuangan, kalau sebagian program daerah harus dialihkan,” katanya, Rabu (08/7/2020).

Jumadil Enka menambahkan, selain pacuan kuda sejumlah kegiatan lainnya tingkat kabupaten seperti turnamen sejumlah cabang olahraga kemungkinan besar juga tidak dilangsungkan pada tahun ini.

Kendati demikian, untuk memeriahkan hari lahirnya bangsa Indonesia tersebut dirinya berharap banyak pihak lainnya yang akan melaksanakan kegiatan termasuk oleh kampung melalui dana desa yang dimiliki.

“Kalau kegiatan-kegiatan untuk tingkat kabupaten tidak ada, tapi mungkin dari pihak kecamatan atau kampung tetap bisa melaksanakannya, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan,” pintanya.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00