Memasuki Tatanan Kehidupan Baru, MAG Rekomendasi Sumang dan Bebaro ke Pemda

KBRN, Takengon : Majelis Adat Gayo (MAG) Aceh Tengah merekomendasi kepada pemerintah daerah agar menerbitkan aturan meniadakan prasmanan di acara hajatan masyarakat karena berpotensi terjadinya kerumunan.

MAG merekomendasikan agar makanan dihidangkan. Selain upaya mencegah penyebaran corona saat memasuki tatanan kehidupan baru, rekomendasi itu juga sebagai bentuk mengembalikan adat istiadat suku Gayo.

MAG juga merekomendasikan agar menyediakan Bebaro atau wastafel di setiap ruangan sekolah, masjid atau rumah warga dan sejumlah perkantoran pemerintahan.

Dalam kesempatan yang sama, majelis adat itu juga merekomendasikan konsep Sumang atau merasa bersalah jika melakukan pelanggaran baik itu dalam bentuk tindakan maupun perilaku.

Terkhusus pada rekomendasi Sumang, MAG akan menyusun konsep detail sebagai dasar implementasi dilapangan.

“Ini konsep lama sebenarnya,” katanya Ketua Bidang Penelitian dan Pengembangan Adat Istiadat DR. Joni, sabtu (20/6/2020).

Ia juga mengaku sejumlah rekomendasi itu sudah menjadi skema dari para pihak dalam menyambut tatanan kehidupan baru di Aceh Tengah.

Bahkan kata DR. Joni, pada sejumlah sektor seperti dikalangan sekolah dan kantor pemerintahan sudah menerapkan rekomendasi Bebaro.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00