Bupati Desak Majelis Adat Gayo Aceh Tengah Terapkan Ritual ‘Munirin Reje’

KBRN, Takengon : Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar desak Majelis Adat Gayo (MAG) setempat terapkan prosesi ritual adat Munirin Reje (Memandikan Raja-red) dalam setiap tahun.

Hal itu disampaikan Bupati saat menggelar pertemuan dengan forum Reje Kampung dari 14 Kecamatan mewakili 295 kampung yang da di negeri penghasil Kopi Arabika terbaik Dunia itu.

Shabela selaku kepala daerah juga mengaku siap menjalani prosesi adat itu jika diterapkan MAG.

Munirin Reje menurut Shabela, salah satunya bertujuan untuk mempertanggungjawabkan jabatannya kepada masyarakat secara adat. Begitupun, pertanggungjawaban secara administratif kepada DPR tetap berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Wakil Ketua MAG Aceh Tengah Banta Cut Aspala mengaku, prosesi Minirin Reje sebelumnya telah dikaji dan dilanjutkan sebagai rekomendasi ke Pemerintah Daerah. Lanjutnya, hingga saat ini rekomendasi itu putus ditengah jalan.

Tujuan Munirin Reje itu menurut Banta Cut, agar pemangku Adat yang dalam hal ini Bupati Aceh Tengah dalam keadaan bersih dan merakyat dalam menjalankan pemerintahan ditahun berikutnya. Lain itu, prosesi ritual tersebut, sekaligus dapat mempererat hubungan silaturahmi antara pimpinan dengan masyarakatnya.

"Jika anggarannya disetujui, Februari masih bisa kita laksanakan," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00