Ketua MAA Bener Meriah Abdul Kasah: Adat Gayo Telah Terkikis Budaya Luar

KBRN, Redelong: Demi mempertahankan adat Gayo Majelis Adat Aceh (MAA) Kabupaten Bener Meriah terus lakukan sosialisasi tentang adat istiadat yang berlaku di dataran tinggi Gayo baik kepada anak-anak, remaja maupun masyarakat umum.

Ketua MAA Bener Meriah Abdul Kasah mengaku, kini adat Gayo mulai terkikis akibat pengaruh budaya luar yang dengan sangat pesat berkembang dan mudah diterima di kalangan remaja dan masyarakat.

“Akhir-akhir ini adat Gayo sudah semacam terkikis dengan budaya-budaya luar, kenapa? sebagai contoh serah terime rempele masyarakat sudah banyak tidak mengenalnya lagi,” jelasnya, Rabu (18/9/2019).

Hal itu terjadi sebutnya, karena banyaknya prosesi-prosesi yang telah banyak ditinggalkan oleh masyarakat kebanyakan baik pada prosesi adat pernikahan maupun prosesi lainnya.

Sehingga pihaknya juga berharap, Pemerintah Daerah turut berperan dalam memberikan bantuan berupa saran dan pendapat dalam upaya mempertahankan dan melestarikan adat Gayo di negeri kopi berselimut kabut tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00