Arung Jeram Jadi Salah Satu Pilihan Wisatawan di Aceh Tengah

KBRN,Takengon: Wisata arung jeram di Sungai Peusangan, Lukub Badak, Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah kini menjadi salah satu pilihan bagi wisatawan yang berkunjung atau mengisi liburan di Aceh Tengah.

Objek wisata yang mengembangkan konsep Sport Tourism ini dikelola oleh Koperasi Wisata Alam Gayo yang akan memandu dan mendampingi wisatawan mengarungi sungai dengan perahu karet.

Sekretaris Koperasi Alam Gayo, Zainal kepada RRI mengatakan wisata arung jeram sudah dikembangkan sejak tahun 2018 lalu dengan melihat potensi wisata Aceh Tengah dan keindahan alam yang dimiliki Sungai Peusangan.

Disebutkan, dalam beberapa tahun terakhir objek wisata ini ramai dikunjungi wisatawan terutama saat akhir pekan dan jumlahnya akan meningkat tajam ketika liburan panjang seperti saat Idul Fitri lalu.

"Kalau di musim liburan, pengunjung kita bisa 500 sampai 1000 orang perhari," katanya, Senin (23/5/2022).

Masih menurut Zainal, dalam menggunakan jasa wisata ini pihaknya menaeaekan kepara para pengunjung untuk memilih kategori jeram yang akan dilalui mulai dari famili, semi ekstrim dan ekstrim.

"kategori famili itu untuk keluarga, yang arusnya tidak terlalu deras, namun bagi yang menyukai tantangan dan menguji adrenalin, bisa mencoba yang semi ekstrim atau bahkan yang ekstrim", tambahnya.

Terkait keselamatan para pengunjung sendiri, Koperasi Wisata Alam Gayo sudah menyiapkan para pemandu yang memiliki sertifikat yang sebelumnya juga merupakan para atlet arung jeram binaan FAJI Aceh Tengah.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar