Wabup Gayo Lues: Festival seni budaya ajang promosi potensi daerah

KBRN, Blangkejeren: Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani mengapresiasi acara festival seni dan budaya yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata.

Disebutkan kegiatan tersebut juga memiliki tujuan, salah satunya untuk menjaga eksistensi seni budaya sebagai identitas dan jati diri kita.

Disamping itu juga untuk mempromosikan potensi daerah, menggairahkan perekonomian, menghibur masyarakat yang pada akhirnya dapat memberikan kesejahteraan untuk kita semua.

“Saya juga ingin mengajak masyarakat untuk melihat bagaimana strategi  leluhur kita untuk   melestarikan   seni budaya dengan menggelar upacara yang melibatkan  seni budaya sebagai salah satu hal yang wajib untuk di gelar,” ujarnya

Diakui Wabup, bahwa tanpa bantuan masyarakat tentu kita tidak bisa berbuat banyak untuk membangun daerah, maka dari itu kebersamaan sangatlah penting dikedepankan agar dapat membangun daerah lebih baik dan maju.

“Oleh karenanya melalui kesempatan yang baik ini saya mengajak masyarakat agar kedepan kita bergandengan tangan untuk bersama membangun daerah,” timpalnya.

Said berharap kegiatan Festival Seni Budaya Gayo Lues, selain bertujuan untuk memeriahkan  hari ulang tahun kemerdekaan RI ke 77, juga dapat menjadi media untuk membangun animo generasi muda dalam menggali, mengenali dan memahami nilai nilai budaya tradisi Gayo Lues yang sarat dengan kearifan dan tata nilai yang khas.

Said juga ingin menitipkan harapan kepada Dinas Pariwisata, bahwa pelaksanaan festival seni budaya Gayo Lues ini jangan hanya dilaksanakan sebagai kegiatan serimoni belaka sebagai rangkaian memperingati hari ulang tahun kemerdekaan RI, tetapi hendaknya sebagai bahan evaluasi terutama dalam hal sasaran dan manfaat yang ingin dicapai kedepannya.

Bentuk evaluasi itu dapat dilakukan dengan melihat indikator seberapa banyak jenis kesenian tradisi dan permainan rakyat yang telah punah dapat dilestarikan melalui festival budaya berikutnya.  Demikian pula halnya seberapa banyak tingkat partisipasi  organisasi kesenian dalam melestarikan nilai-nilai tradisi  melalui festival budaya,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar