Wabup Gayo Lues ajak masyarakat tetap semangat jaga dan lestarikan budaya

KBRN, Blangkejeren: Wakil Bupati Gayo Lues Said Sani membuka kegiatan festival seni dan budaya Gayo Lues tahun 2022 di Bale Musara Rabu, 10 Agustus 2022.

Dalam sambutannya, wabup menyampaikan bahwa sebagaimana di pahami bersama bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.

Budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang kita yang semestinya pasti akan diturunkan kepada kita sebagai generasi penerus agar budaya itu tidak punah, akan tetapi dalam kenyataannya banyak sekali generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut.

Untuk itu perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah.

Kita mesti berbangga karena warisan seni budaya leluhur kita telah diakui dan menjadi kebanggaan masyarakat dunia, dimana hal ini dibuktikan dengan keberadaan Tari Saman sebagai salah satu warisan dunia tak benda yang ditetapkan oleh UNESCO pada tahun 2013 yang lalu.

Demikian juga Tari Bines, yang juga telah di jadikan sebagai warisan budaya tak benda indonesia oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan RI pada 20 Oktober 2015 yang lalu.

Tentu kesemua itu adalah anugerah yang terindah di karuniakan Allah SWT kepada kita, melalui para leluhur kita, muyang datu kita, mewariskan kita seni dan budaya yang sangat agung bagi kita semua.

Lebih lanjut Said menuturkan bahwa tidak berlebihan jika kita menyatakan bahwa “ume sebujang Gayo gerale ike gere pane besaman, ume beru Gayo gerale ike gere pane bebines (bukanlah ia seorang bujang Gayo Lues kalau tak bisa bersaman. Bukan pula ia seorang beru Gayo Lues kalau tak bisa berbines)”

" Apa maksud saya berbicara hal ini di hadapan masyarakat tidak lain adalah, saya ingin mengajak masyarakat untuk terus  bersemangat  di  dalam  menjaga dan dan melestarikan seni budaya sehingga seni budaya kita tetap eksis di tempat lahirnya, jangan sampai punah dan justru tumbuh subur di tempatlain, maka saya mengajak seluruh jajaran pemerintah di Kabupaten Gayo Lues sampai ditingkat kecamatan untuk berupaya membangkitkan semangat masyarakat untuk mempertahankan kasanah seni budaya kita,” tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar