Sambut HUT RI ke -77 Dinas Pariwisata Gelar Festival Seni Budaya

KBRN, Blangkejeren: Wakil Bupati Gayo Lues H Said Sani membuka kegiatan festival seni dan budaya Gayo Lues tahun 2022 di Bale Musara Rabu, 10 Agustus 2022.

Kadis Pariwisata Irsan Firdaus, SH.,M.AP dalam laporannya menyampaikan bahwa Festival Seni Budaya ini merupakan Festival rutin yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues namun sejak tahun 2020 dan 2021 terpaksa ditiadakan karena Pandemi COVID-19.

Festival seni budaya kali ini mengangkat tema yang selaras dengan tema kemerdekaan Republik Indonesia yaitu Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat dengan Seni Budaya dengan harapan agar Festival kali ini dapat memulihkan semangat masyarakat Gayo Lues setelah dua tahun dilanda pandemi.

Festival Seni Budaya ini dilaksanakan dengan anggaran Dana Otonomi Khusus Aceh bekerjasama dengan pihak ketiga. Event ini berlangsung selama enam hari yaitu mulai tanggal 10 hingga tanggal 15 Agustus 2022.

Wakil Bupati Gayo Lues dalam sambutannya menyampaikan bahwa Sebagaimana di pahami bersama bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam kebudayaan dari Sabang sampai Merauke.

Budaya tersebut merupakan peninggalan dari nenek moyang kita yang semestinya pasti akan diturunkan kepada kita sebagai generasi penerus agar budaya itu tidak punah, akan tetapi dalam kenyataannya banyak sekali generasi muda yang kurang peduli dengan budaya peninggalan nenek moyang tersebut.

Untuk itu perlu diadakannya sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan nilai-nilai budaya didalam suatu masyarakat agar budaya yang kita miliki ini tidak punah.

Hadiah total 80 juta sebagai motivasi agar seni Budaya kedepannya lebih di lestarikan lagi di seluruh kampung di Gayo Lues.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar