Kegiatan Festival Kebudayaan Gayo Resmi Digelar

KBRN,Takengon: Festival Kebudayaan Gayo yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh Tengah resmi berlangsung di Museum Negeri Gayo, Takengon pada 23-28 Mei 2022.

Kepala Disdikbud Aceh Tengah, Drs Uswatuddin M.Ap melalui Kabid Kebudayaan, Mahdi Spd mengatakan kegiatan ini digelar untuk melindungi, memanfaatkan dan membina kebudayaan termasuk di bidang seni.

Melalui acara ini ini juga diharapkan mampu meningkatan status Museum  Negeri Gayo untuk menjadi Tipe A, dimana saat ini masih menyandang predikat sebagai salah satu museum Tipe C di tanah air.

"Setahun yang lalu sudah ada tim dari Kemendikbud untuk lakukan akreditasi, ditambah lagi ada acara tahun ini, mudah-mudahan status museum kita dapat segera meningkat," katanya, Senin (23/5/2022).

Ditambahkan Mahdi, pada kegiatan ini juga dilaksanakan sejumlah perlombaan yang diikuti ratusan peserta baik untuk pelajar maupun dalam kategori umum.

"Lomba tersebut diantaranya, ada lomba bercerita, didong, cerdas cermat, theater, busana tradisional, belajar di museum, hingga permainan tradisional seperti engklek dan engrang," tambahnya.(FJ)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar