5 Tips Aman Renovasi Rumah bagi Pemilik Hewan Peliharaan

KBRN,Takengon; Bagi pemilik hewan peliharaan, kegiatan merenovasi rumah cukup berbeda daripada yang tidak memelihara hewan. Sebab, ada sejumlah langkah ekstra yang dilakukan untuk memastikan renovasi berjalan lancar sekaligus mengamankan hewan peliharaan agar tetap merasa aman dan nyaman. Lebih lanjut, apabila merenovasi rumah menggunakan tukang, tidak semua orang menyukai hewan yang dipelihara pemilik rumah, entah karena ukurannya menakutkan atau memiliki alergi tertentu. Dikutip dari Beauty Harmony Life, Jumat (12/8/2022), ada beberapa tips aman dalam merenovasi rumah bagi yang memelihara hewan, yakni sebagai berikut.

1. Cari tukang tertentu

Jika merenovasi rumah menggunakan tukang, kamu harus pastikan mereka tidak takut atau memiliki alergi terhadap jenis hewan peliharaan yang ada di rumahmu. Selain untuk memastikan keamanan para tukang, juga hewan peliharaan. Lalu, pastikan mereka tidak akan lupa menutup pintu rumah atau pintu pagar, serta tidak membiarkan barang berbahaya berserakan.

2. Pilih jenis lantai yang tepat

Apabila ingin merenovasi area lantai suatu ruangan, pilih jenis yang ramah hewan peliharaan. Artinya, mereka tidak mudah tergores cakar atau menampilkan noda lumpur dari hewan yang baru bermain di luar rumah. Jika ingin menggunakan lantai kayu keras, pilih material seperti kayu ek, kenari, atau mahoni. Bisa pula lantai laminasi karena pemeliharaannya mudah dan tahan air.

3. Gunakan furnitur yang sesuai

Saat merenovasi rumah, beberapa orang memutuskan untuk turut mengganti seluruh furnitur yang dimiliki dengan yang terbaru. Ini adalah kesempatan untuk memilih furnitur yang ramah hewan peliharaan. Sebab, mereka meninggalkan noda cakar, lumpur, dan rontokan bulu. Jika furnitur tidak ramah hewan peliharaan, kamu akan menghabiskan cukup banyak waktu untuk membersihkan seluruh noda tersebut. Kulit atau sintetis merupakan material yang perlu dipertimbangkan.

4. Ciptakan zona aman

Jika hewan peliharaan sering tidur di dapur, tetapi kamu tengah merenovasinya, ciptakan zona aman yang terpisah dari dapur. Pastikan zona ini cukup jauh dari sumber kebisingan yang dapat mengganggu waktu istirahatnya.

5. Pertimbangkan ramp Untuk pemelihara hewan peliharaan yang menua, atau memiliki masalah persendian, pertimbangkan untuk menghadirkan ramp dalam daftar hal-hal yang perlu direnovasi. Dengan demikian, mereka bisa bergerak bebas di seluruh rumah tanpa merasa cemas menaiki tangga. Anak anjing atau kucing yang penasaran pun bisa menjelajahi rumah sembari menghindari cedera jika ada ramp. Dikutip dari kompas.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar