5 Tips Supaya Anak Jadi Suka Makanan Sehat

KBRN,Takengon; Anak ecil cenderung susah untuk mengkonsumsi makanan yang sehat terutama buah dan sayur. Biasanya anak-anak lebih suka makan makanan yang manis, snack, dan makanan cepat saji.

Jika terlalu sering konsumsi makanan tidak sehat akan berdampak buruk bagi kesehatan dan tumbuh kembang si kecil. Membiasakan anak untuk makan makanan yang sehat akan menjadi tantangan tersendiri bagiorang tua.

Melansir dari Medicinenet, simak lima  tips berikut ini agar anak menjadi suka makan sehat.

1. Jadilah contoh

Anak cenderung meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang yang ada disekitarnya terutama orang tua.

Jika orang tua membiasakan diri makan makanan yang sehat maka anak juga akan meniru hal tersebut. Jangan lupa untuk memberitahukan manfaat dari makanan tersebut agar menjadi pengetahuan baru bagi anak.

2. Ajak anak memasak

Coba minta si kecil untuk bisa membantu saat memasak. Anak dapat melakukan tugas sederhana seperti saat membuat telur biarkan anak mengocok telur hingga rata.

Dengan memasak bersama akan membuat anak menjadi penasaran rasa dari masakan yang dibuatnya dan meningkatkan keinginannya untuk makan.

3. Jangan menyuap

Jangan menyuap anak dengan makanan tidak sehat favoritnya saat susah makan makanan yang sehat. Contohnya adalah mengatakan akan memberikan permen kalau sudah makan.

Nantinya anak menjadi terbiasa untuk meminta makanan tidak sehat demi makan makanan yang sehat. Lebih baik beritahu anak dengan cara yang baik dan menarik tentang manfaat dari makanan yang dimakan untuk tubuhnya.

4. Coba berkreasi dengan makanan

Cobalah untuk menghidangkan makanan dengan bentuk yang disukai anak dan diletakkan di piring yang disukai. Ini akan membuat anak menjadi tertarik mencoba makanan tersebut.

5. Jangan menyerah

Jika anak tidak mau mencoba makanan dan meningkirakan makanan itu jangan menyerah dan jangan marah.

Coba perkenalkan makanan tersebut dengan baik dan beritahukan manfaatnya. Selain itu bisa coba lebih sering hidangkan makanan itu sampai anak ingin mencoba.

Itu adalah beberapa tips yang bisa dilakukan saat agar anak suka makan makanan sehat. Ingat untuk tidak menyerah dan tetap sabar disaat anak susah makan. Dikutip dari suara.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar