6 Rekomendasi Makanan untuk Sarapan Sehat

KBRN, Redelong: Sarapan adalah kunci menjalani hari lebih maksimal. Namun, sarapan bergizi dan seimbang dapat memberi energi dan mencegah kamu makan terlalu banyak sepanjang hari. Berikut ini adalah rekomendasi sarapan sehat!

1. Telur

Makan telur saat sarapan meningkatkan perasaan kenyang, mengurangi asupan kalori pada waktu makan berikutnya dan membantu menjaga kestabilan gula darah dan kadar insulin. Selain itu, kuning telur mengandung lutein dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu mencegah gangguan mata seperti katarak dan degenerasi makula. Selain itu, telur juga merupakan salah satu sumber kolin terbaik, nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan otak dan hati.

2. Yoghurt 

Yoghurt lembut, lezat dan bergizi. Protein pada yogurt telah terbukti mengurangi rasa lapar dan memiliki efek termal yang lebih tinggi daripada lemak atau karbohidrat. Istilah efek termal mengacu pada peningkatan laju metabolisme yang terjadi setelah makan.

Yoghurt dan produk susu lainnya juga dapat membantu mengontrol berat badan karena dapat meningkatkan kadar hormon yang mendorong rasa kenyang. Yoghurt mengandung asam linoleat terkonjugasi (CLA), yang dapat meningkatkan kehilangan lemak dan menurunkan risiko kanker payudara.

3. Kopi

Kafein pada kopi telah terbukti meningkatkan suasana hati, kewaspadaan, dan kinerja mental. Kafein juga telah terbukti meningkatkan laju metabolisme dan pembakaran lemak. Selain itu, kopi kaya akan antioksidan yang mengurangi peradangan, melindungi sel-sel yang melapisi pembuluh darah, serta menurunkan risiko diabetes dan penyakit hati.

4. Oatmeal

Serat pada oatmeal memiliki banyak manfaat kesehatan termasuk mengurangi kolesterol. Beta-glukan pada oat juga meningkatkan perasaan kenyang. Oat juga kaya akan antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan tekanan darah. Untuk meningkatkan kandungan protein pada sarapan oatmeal, sajikan bersama susu atau sajikan dengan telur atau sepotong keju.

5. Buah

Buah bisa menjadi bagian lezat dari sarapan bergizi. Semua jenis buah mengandung vitamin, kalium, serat dan relatif rendah kalori. Satu cangkir buah cincang menyediakan sekitar 80–130 kalori, tergantung jenisnya.

Buah jeruk juga sangat tinggi vitamin C. Faktanya, satu jeruk besar menyediakan lebih dari 100 persen asupan harian yang direkomendasikan untuk vitamin C. Buah juga sangat mengenyangkan karena kandungan serat dan airnya yang tinggi.

6. Almond Butter

Kalau kamu tidak bisa mengonsumsi telur atau produk susu? Almond butter adalah pilihan sumber protein alternatif yang sangat baik, dan mengandung lemak tak jenuh tunggal. Almond butter akan sangat lezat bila dioleskan di atas roti gandum atau dipasangkan dengan pisang atau apel. Secara nutrisi, almond butter mengandung sedikit lemak jenuhnya dan aman untuk mereka yang alergi kacang.

Sumber: Halodoc.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar