4 Tips Agar Harga Tiket Pesawat Murah, Pesan Hari Senin

KBRN,Takengon; Relaksasi sejumlah aturan perjalanan memicu tingginya permintaan terhadap tiket pesawat terbang. Namun sejumlah faktor, mulai dari meningkatnya harga bahan bakar, rute penerbangan yang terbatas, hingga minimnya ketersediaan armada pesawat, berdampak pada lonjakan harga tiket penerbangan. Menurut VP Commercial and Marketing Pegipegi Ryan Kartawidjaja, tren kenaikan ini sudah dimulai sejak April 2022 dan berkorelasi dengan naiknya permintaan perjalanan, serta faktor-faktor lain yang berpengaruh.Semua faktor tersebut membuat masih sulitnya melakukan prediksi kapan penurunan tiket pesawat untuk saat ini. "Pada bulan Mei dan Juni, ada kenaikan nilai tiket pesawat rata-rata sekitar 1,5 kali di beberapa maskapai," demikian kata Ryan mengutip keterangan resmi yang Kompas.com terima, Jumat (24/6/2022). Tips dapat tiket pesawat murah Nah, sejumlah tips ala Pegipegi berikut bisa dimaksimalkan untuk memperoleh tiket pesawat dengan harga yang lebih terjangkau.

1. Pesan tiket hari Senin dan Minggu

Tiket pesawat bisa diperoleh lebih murah sekitar dua hingga empat persen, jika dipesan sekitar hari Senin dan Minggu.Kedua hari tersebyt menjadi waktu yang paling tepat apabila hendak memesan tiket penerbangan.

2. Pilih keberangkatan hari Jumat

Momen keberangkatan ternyata juga berpengaruh pada harga tiket pesawat, loh! Hari Jumat merupakan waktu yang pas untuk mendapatkan tiket yang lebih murah.Selain itu, Jumat juga menjadi waktu yang tepat melakukan wisata karena masyarakat cenderung mengambil cuti sehari untuk menikmati long weekend.

3. Pesan tiket sekitar satu bulan sebelum keberangkatan

Memesan tiket pesawat sekitar satu bulan sebelum rencana keberangkatan merupakan alternatif lain untuk mendapatkan harga tiket pesawat yang terjangkau.Pemesanan yang dilakukan 27 sampai dengan 39 hari sebelum jadwal yang dipilih merupakan momen terbaik, sebab bisa menghemat biaya hingga 13 persen. 3. Terbang dengan maskapai LCC Biasanya, maskapai Low Cost Carrier (LCC) menawarkan banyak promo, dan tentunya hadir dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan maskapai full service.

4. Manfaatkan aplikasi pemesanan

Masyarakat juga bisa memanfaatkan aplikasi pemesanan tiket transportasi dan akomodasi (Online Travel Agent) tertentu untuk memperoleh tiket pesawat yang terjangkau. “Biasanya ada banyak program promo yang dihadirkan untuk para pengguna aplikasi yang biasanya tidak bisa didapatkan di jenis platform pemesanan lain, seperti desktop atau mobile web,” kata Ryan. Misalnya, masyarakat bisa memanfaatkan momentum program flash sale dengan kuota dan waktu tertentu untuk memesan tiket pesawat, seperti pada siang hari sekitar pukul 12.00, atau malam hari sekitar pukul 22.00 ke atas.Dikutip dari kompas.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar