Penyebab dan Cara Mengatasi Batuk Karena Asam Lambung

KBRN,Takengon; Baktuk merupakan salah satu tanda bahwa ada yang salah dengan tubuh dan juga menandakan ada gejala penyakit dalam tubuh. Batuk disebabkan banyak hal, mulai dari sistem pencernaan yang tidak baik sampai disebabkan karena lingkungan. Bagi penderita asam lambung biasanya akan mengalami batuk yang berkepanjangan. Berikut ulasan penyebab dan cara mengatasi batuk karena asam lambung.

Penyebab Batuk

Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh dokter gastroenterology Ryan D. Madanick yang dimuat dalam jurnal Gastroenterlogy & hepatology menyatakan bahwa sebanyak 25% kasus batuk kronis bisa disebabkan oleh penyakit GERD, yang merupakan kondisi naiknya asam lambung ke esofagus atau kerongkongan. Sedangkan esofagus yaitu saluran yang membawa makanan dari kerongkongan masuk ke dalam lambung.

Asam lambung yang naik (refluks asam) kemudian dapat mengiritasi kerongkongan hingga menyebabkan peradangan. Pada saat yang sama, penderitanya akan terbatuk-batuk untuk melindungi saluran pernapasan akibat refluks asam lambung. Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab dari GERD sendiri yang kemudian akan memicu batuk di antaranya adalah merokok, minum alkohol berlebihan dan konsumsi makanan pemicu naiknya asam lambung seperti gorengan.

Cara Mengatasi Batuk karena Asam Lambung

Untuk mengatasi batuk karena asam lambung ada beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah seperti:

  • Konsumsi air minum dalam jumlah yang cukup. Air hangat dan air jahe dapat meredakan batuk dan keluhan tenggorokan.

  • Lakukan aktivitas dalam ruangan yang cukup kelembabannya dan tidak terlalu dingin.

  • Gunakan masker bila beraktivitas di luar ruangan yang beresiko kontak dengan polutan udara seperti debu, asap rokok, asap kendaraan. Ganti masker tiap 2 jam.

  • Makanlah dengan porsi kecil namun sering, jarak antar makan diusahakan kurang dari 3 jam. Anda tidak harus makan makanan lengkap, tapi bisa berupa camilan, buah dan sayur.

  • Sebaiknya porsi makan malam lebih sedikit dari porsi makan pagi/siang. Pilihlah makanan yang ringan dan tidak berminyak.

  • Lakukan Pola Hidup Sehat dengan makan makanan bergizi seimbang, berolahraga rutin, beristirahat cukup di malam hari (minimal 7 jam),dan mengelola stress dengan bijaksana.

Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi batuk karena asam lambung, hal-hal tersebut bisa diantisipasi agar tidak menjadi lebih parah.Dikutp dari kumparan.com

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar