Menyimpan Sepatu Agar Tetap Awet

KBRN: Takengon : Menyimpan sepatu merupakan salah satu hal yang cukup penting karena sepatu memiliki tingkat sensitivitas yang tinggi terhadap kondisi suhu dan udara di lingkungan sekitarnya. Maka dari itu, dalam menyimpan sepatu juga memiliki batasan yang harus diikuti. 

Berikut ini adalah enam cara untuk merawat sepatu agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. 

1. Tidak disimpan dalam box untuk jangka waktu panjang

idak boleh selalu disimpan dalam box karena akan memicu oksidasi yang membuat sol cepat menguning dan lem mudah lepas (fashionandmash.com)

Setiap pembelian sepatu baru, kita pasti akan diberikan box atau tempat sepatu. Box sepatu memiliki ruangan yang sempit dan memiliki sirkulasi udara yang kurang baik untuk sepatu dalam jangka waktu yang panjang.

Sepatu sebaiknya jangan sering dimasukkan ke dalam box karena akan membuat sol sepatu menjadi cepat menguning dan terlihat seperti sepatu yang sudah usang. 

2. Letakkan sepatu di tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang baik

kan sepatu pada rak sepatu menjadi salah satu cara agar sepatu mendapatkan sirkulasi udara yang baik (simplyspaced.com)

Sepatu merupakan benda yang sangat sensitif terhadap udara sehingga jika diletakkan pada tempat yang salah, maka lem pada sepatu akan menjadi mudah lepas dan sol menjadi cepat menguning. Sepatu sebaiknya diletakkan pada tempat yang bersih dan memiliki sirkulasi udara yang bagus dan tidak lembap seperti misalnya ruangan ber-AC.

Hal ini dapat membuat sepatu tidak cepat berdebu dan lem sepatu tidak mudah mengeras. Sol yang berwarna putih juga tidak cepat menguning karena tidak terjadi oksidasi pada kotoran yang menempel pada sol yang berwarna putih. 

3. Rutin membersihkan sepatu setiap 2 minggu jika sudah kotor

bersihkan sepatu 2 minggu sekali efektif untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel (lifestyleasia.com)

Hal ini disarankan kepada pengguna sepatu yang rutin menggunakan sepatunya untuk aktivitas sehari-hari. Sepatu sebaiknya rutin dibersihkan untuk membunuh kuman dan bakteri yang menempel.

Sumber : http://idntimes

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar