Cara agar Tidak Dimasukkan ke Grup Telegram Tanpa Izin

KBRN, Takengon : Pernahkah Anda mendadak masuk dalam sebuah grup di Telegram? Padahal, Anda tidak merasa pernah bergabung atau familiar dengan grup tersebut. Bahkan, Anda juga tidak tahu siapa orang yang iseng menambahkan akun Telegram Anda ke grup.

Hal semacam itu memang tidak mengenakkan. Apalagi, tidak menutup kemungkinan ada "penyusup" dengan niat jahat yang ingin melakukan tindakan tidak menyenangkan, seperti menyebarkan malware lewat grup atau memborbardir grup dengan banyak pesan spam.

Secara default, fitur grup Telegram memang mengizinkan siapa pun mengundang orang lain ke dalam grup, meskipun pengundang dan yang diundang tidak saling kenal atau ada dalam daftar kontak. Namun, ada cara untuk mencegah akun Telegram Anda dimasukkan ke sebuah grup tanpa izin. Langkah-langkahnya bisa disimak di bawah.

- Buka aplikasi Telegram.

- Klik "menu/ikon garis" tumpuk tiga di pojok kanan atas.

- Klik "settings/pengaturan" yang dilambangkan dengan ikon gerigi.

- Pilih "privacy and security/privasi dan keamanan".

- Pilih "group/grup."

- Klik "my contacts /kontak saya" untuk membatasi siapa saja yang bisa mengundang Anda ke dalam grup Telegram.

- Jika ingin menabah keamanan, pilih opsi "add exceptions" yang ada di bawah.

- Jika menghendaki akun tertentu saja yang bisa mengundang Anda ke grup, pilih "always allow"/selalu izinkan", kemudian pilih kontak yang diinginkan.

- Sebaliknya, jika tidak menghendaki akun tertentu untuk menambahkan ke grup, pilih "never allow"/jangan pernah izinkan", lalu pilih kontak yang ingin diblokir untuk mengundang.

- Klik tanda centang yang ada di pojok kanan atas untuk memutakhirkan pengaturan.

Apabila sudah telanjur masuk ke dalam grup yang tidak diinginkan dan ingin keluar dari grup tersebut, caranya adalah sebagai berikut:

- Buka grup yang tidak diinginkan

- Klik titik tiga di pojok kanan atas 

- Pilih "delete and leave group/hapus dan tinggalkan grup".

Sumber Klik Disini

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar