Tips Posisi Tidur Aman Bagi Ibu Hamil

KBRN, Takengon: Setiap wanita hamil tentunya bertanya-tanya apakah ibu hamil harus memperhatikan posisi tidur yang aman untuk dirinya dan janinnya, jawabannya tentu saja harus, karena ternyata posisi tidur tentu mempengaruhi, apalagi pada kehamilan tua, dimana rasa nyeridan sesak sudah mulai terasa.

Lantas bagaimana posisi tidur yang baik bagi ibu hamil, berikut penjelasannya dari berbagai sumber.

Pada Trisemester Awal, posisi tidur sudah harus mulai diperhatikan. Apalagi jika ibu hamil mengalami gangguan kehamilan, seperti gejala heartburn yang biasanya terjadi lebih parah di trisemester pertama. Beberapa posisi tidur yang paling direkomendasikan oleh para ahli bagi ibu hamil di trisemester pertama adalah posisi tidur miring ke kiri dan posisi tidur setengah duduk, 2 posisi tidur ini membantu memperlancar aliran darah dan tidak menekan lambung sehingga mengurangi gejala mual dan sakit di ulu hati.

Pada Trisemester Kedua, posisi tidur menjadi lebih penting lagi untuk diperhatikan, karena mulai usia kehamilan ini tubuh ibu hamil sudah mengalami beberapa perubahan. Posisi tidur di masa ini yang perlu diperhatikan yakni Ibu hamil sebaiknya menghindari posisi tidur telentang, karena kan membawa dampak buruk bagi ibu dan kehamilannya dimana dapat meningkatkan tekanan pada pembuluh darah seperti aorta dan vena cava inferior yang dapat menyebabkan menurunnya suplay oksigen ke janin dan meningkatkan gangguan selama kehamilan. 

Posisi tidur selanjutnya yang disarankan di masa trisemester kedua yakni posisi tidur menyamping ke kiri, posisi yang direkomendasikan  oleh American Pregnancy karena memiliki beragam manfaat diantaranya meningkatkan jumlah darah dan aliran nutrisi ke dalam palsenta janin serta sejumlah manfaat lainnya.

Pada Trisemester Ketiga, Ibu hamil biasanya akan mulai mengalami gangguan yang membuat rasa tidak nyaman seperti rasa nyerih di area tubuh bagian bawah, belum lagi keluhan susah tidur karena rasa lelah dan sebagainya, untuk itu sebaiknya ibu hamil di trisemester akhir ini lebih memilih posisi tidur ke kiri dengan bantuan bantal kehamilan, ibu hamil bisa memposisikan diri untuk membentuk posisi "SOS", yakni tidur menyamping, menekuk lutu dan meletakkan bantal di antara kedua kaki, dimana posisi ini konon bermanfaat untuk meringankan tekanan pada punggung ibu hamil di usia kehamilan tua dan membantu mengurangi rasa sesak napas.

Perlu diingat, posisi tidur ibu hamil memiliki peran yang vital untuk menunjang keamanan ibu hamil dan janin selama  beristirahat. Agar memiliki fisik optimal, ibu hamil tentu harus mencukupi kebutuhan istirahatna dengan baik.

Semoga bermanfaat!

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00