Hati-hati , Ini Tanda-tanda WhatsApp Disadap Orang Lain

KBRN, Takengon : Cara mengetahui WA disadap atau tidak, termasuk pertanyaan yang banyak dipikirkan. Apalagi WhatsApp sering digunakan sebagai media bertukar pesan.

Pastinya ada tanda-tanda yang bisa terbaca ketika akun WhatsApp kamu dihack atau digunakan oleh orang lain. Dilansir dari Alphr, Minggu (12/9/2021) mari kita bahas lebih lanjut ciri-cirinya:

1. Cek informasi kontak

Buka opsi 'Settings' di WA, kemudian sentuh profil yang ada pada bagian atas menu. Perhatikan informasi dan verifikasi akun, apakah sudah akurat dan up-to-date sesuai yang terakhir Anda pasang? Jika ada yang berubah, maka kamu harus waspada. Jangan-jangan ada yang menyadap dan memakai akun WA Anda tanpa disadari.

2. Perhatikan komunikasi di WA

Apakah kamu menemukan pesan-pesan yang mencurigakan dan kamu merasa tidak pernah mengirimnya? Atau justru kamu menemukan pesan janggal berisi code WhatsApp aneh? Coba cek di tombol search (yang berbentuk kaca pembesar) dengan menulis 'WhatsApp' untuk melacaknya lebih mudah. Kalau Anda menemukannya, hati-hati, itu tandanya WhatsApp Anda disadap dan dipakai orang lain.

3. Teman baru yang tak dikenal

Coba cek kontak dan telusuri, adakah nomor tidak dikenal yang tiba-tiba jadi teman? Kalau ada yang menyadap dan memakai akun kamu juga, kamu pasti akan menemukan jejak entah pesan atau jejak telepon pada history WhatsApp yang tidak kamu kenali.

4. Coba cek dari WhatsApp Web

Kini WhatsApp sudah bisa dipakai di empat perangkat berbeda. Karenanya wajib melakukan pemantauan pada WhatsApp Web dengan membuka titik tiga di pojok kanan, pilih 'WhatsApp Web'. Di sini akan terlihat di mana saja akun WA terkoneksi. Kalau menemukan perangkat yang tidak dikenali, terkoneksi dengan WhatsApp Anda, itu artinya disadap. Remove langsung perangkat yang tidak dikenali seumpama menemukannya.

Tindakan pencegahan

Langkah untuk mengamankan akun WA agar tidak disadap oleh orang lain yang tidak diinginkan adalah dengan verifikasi dua langkah yang harus dilakukan. Berikan pin, kunci menggunakan fingerprint, dapat membantu penjahat kesulitan masuk ke celah keamanan WhatsApp. Terakhir, jangan sembarangan membuka link yang diberikan orang lain dan jangan membagikan kode OTP seandainya kamu menerimanya.

Sumber Berita Klik Disini

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00