Waspada Bencana-Bencana Berikut Saat Musim Hujan

KBRN, Takengon: Sejumlah daerah di Indonesia sedang mengalami musim hujan. Puncak musim hujan itu berbeda di setiap wilayah. Musim hujan memang menguntungkan karena persediaan air bisa tercukupi dan tanaman pun tumbuh subur. Namun, masyarakat juga perlu waspada dengan bencana yang berpotensi terjadi saat musim hujan. Berikut beberapa bencana yang perlu diwaspadai ketika musim hujan tiba.

Banjir

Curah hujan yang tinggi dan berlangsung terus menerus memungkinkan terjadinya banjir di daerah dataran rendah. Selain itu, banjir bandang juga bisa terjadi. Untuk mengantisipasi datangnya banjir, anda yang tinggal di daerah rawan banjir, perlu melakukan persiapan. Salah satu yang perlu dipersiapkan adalah mengamankan barang-barang ke tempat yang lebih tinggi, terutama aliran listrik. Kamu juga perlu mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa bila terjadi keadaan darurat dan harus mengungsi seperti obat-obatan, selimut, senter, tikar, dan makanan instan.

Banjir bandang

Banjir bandang adalah salah satu bencana alam yang cukup sering terjadi di Indonesia. Beberapa daerah tercatat pernah mengalami musibah ini dengan kerugian materil bahkan kerugian jiwa yang tidak sedikit. Banjir bandang atau sering disebut juga dengan air bah adalah banjir dengan skala besar yang terjadi secara tiba-tiba. Banjir ini menggenangi, meluap, dan mengalir deras sehingga mampu menghasilkan kerusakan yang besar seperti menghanyutkan benda-benda berat, merusak bangunan, dan lain-lain. Penyebab banjir bandang selain karena faktor alam adalah karena faktor kelalaian manusia dalam mengelola lingkungan.

Beberapa tanda sebelum terjadinya banjir bandang adalah berubahnya warna air menjadi keruh, banyaknya ranting dan sampah yang mengalir di sungai, serta awan gelap di daerah hulu tanda hujan besar. Faktor alam memang tidak dapat dihindari, tetapi faktor kelalaian manusia tentunya dapat kita kurangi. Gabungan antara pemerintah yang tegas, dengan masyarakat yang proaktif perlu diwujudkan untuk meminimalkan penyebab banjir bandang yang terjadi akibat kesalahan manusia dalam mengelola lingkungan.

Tanah Longsor

Selain banjir, tanah longsor juga mengancam masyarakat saat musim hujan. Tanah longsor yang terjadi di musim hujan kerap dipicu karena kombinasi tingginya curah hujan, lereng terjal, tanah tebal yang kurang padat, terjadinya pengikisan, berkurangnya tutupan vegetasi, dan getaran. Bila kamu mendengar suara gemuruh dari dataran tinggi seperti bukit atau lereng gunung, segera lakukan evakuasi diri ya. Ingat, keselamatan diri adalah yang paling penting.

Angin Kencang

Saat hujan, angin kencang juga sangat mungkin terjadi. Angin kencang ini berpotensi menumbangkan pohon atau baliho yang tinggi dan pondasinya kurang kokoh. Untuk mengantisipasi angin kencang, kamu bisa memasang kantong angin. Kantong angin itu dinilai bisa mengurangi risiko bencana yang diakibatkan angin kencang. Selain kantong angin, memangkas dahan-dahan pohon yang dirasa membahayakan juga bisa dilakukan untuk meminimalisasi terjadinya pohon tumbang.

Angin Puting Beliung

Angin puting beliung bisa terjadi selama hujan dan angin kencang datang. Di Indonesia, angin puting beliung paling banyak terjadi. Angin puting beliung ini sangat membahayakan. Bangunan dan aribut di jalan bisa kocar-kacir diterjang angin puting beliung. Kendati begitu, angin puting beliung mudah dikenali. Bila melihat puting beliung, segeralah mencari tempat berlindung di dalam bangunan kokoh. Hindari berlindung di bawah pohon dan hindarilah arah angin yang dapat menyeretmu.

Gelombang Tinggi

Gelombang tinggi juga menghantui masyarakat daerah pesisir. Saat musim hujan, gelombang bisa mencapai ketinggian 2,5 meter hingga 4 meter. 

Selama musim hujan, selalu waspada yaOh iya, perhatikan juga kesehatanmu karena air yang menggenang berpotensi mengakibatkan sejumlah penyakit. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00