Kiat Sehat Ditengah Pandemi Ala Lifter Aceh Nurul Akmal

Foto@IDNTime/IG Nurul Akmal

KBRN, Takengon : Nama Nurul Akmal belakangan lengket dikalangan masyarakat, terlebih dilingkungan para atlet. di PON Papua, Ia baru saja mengukir prestasi setelah merebut medali emas dengan angkatan 116kg. Tercatat sebagai pemecah rekor baru.

Lifter asal Aceh itu juga telah banyak merebut kejuaraan diajang bergengsi, membawa nama Indonesia hingga ke luar negeri.

Dalam kondisi kekinian, gadis kelahiran Februari 93 itu, kali ini ingin berbagi kiat untuk menjaga kesehatan ditengah wabah pendemi. Prinsipnya pola hidup sehat dan taat Protokol Kesehatan (Protkes). Ya, sesederhana itu. Terlebih saat event yang menghadirkan jutaan mata dari berbagai penjuru. Begitupun, Nurul tak menampik muncul kekhawatiran yang mendalam terhadap serangan covid saat berada di ajang PON XX Papua.

“Khawatir sih, kan banyak orang itu yagn hadir,” katanya melalui sambungan seluler bersama rri, Senin (11/10).

Selama ditanah cendrawasih kata Nurul, Ia tak pernah lekang dari protkes. Masker lepas hanya waktu main, angkat besi. Setelahnya kebali Protkes. Selama berada di Papua Nurul juga membatasi mobilitas. Ia memilih dikamar dan mengisi waktu dengan belajar.

Untuk menjaga agar tubuh tetap bugar, Nurul rutin berolahraga, kendati tidak mengikuti pertandingan serta mengkonsumsi vitamin. Bagi seorang atlet katanya, menjaga kebugaran tubuh satu keharusan. Istirahat cukup dan makan teratur menjadi hal yang utama.

“Dimasa sekarang ini, pola hidup dan rutin olahraga itu paling penting,” katanya.

Pola hidup sehat dan olahraga ruitn menurut Nurul, tidak hanya berlaku bagi atlet, namun juga masyarakat luas. Terlebih dimasa sulit pandemi covid-19. Lifter nasional untuk Tokyo itu juga mengajak seluruh elemen untuk tetap taat Protkes saat beraktifitas di luar rumah dalam upaya pencegahan.

“Protkes dan protkes, karena kita tidak tahu siapa yang sudah kenak,” ujarnya.

Tak luput gadis yang dijuluki Amel itu menyerukan untuk menyukseskan program vaksinasi dari pemerintah dalam mempercepat memutus matarantai corona di tanha air.

“Semoga ini cepat berlalu, banyak event yang akan menanti,” katanya.

Nurul Akmal bergabung dalam atlet angkat besi sejak akhir 2009 bermula dari tawaran kerabat ayahnya dari Dispora Aceh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar