Covid-19 Turut Mengganggu Perekonomian Petani Kopi

KBRN,Takengon : Pandemi Covid-19 yang terjadi dalam kurun waktu sekitar Satu tahun terakhir turut mengganggu perekonomian masyarakat di dataran tinggi tanoh Gayo, Kabupaten Aceh Tengah. 

Kabag Ekonomi Setdakab Aceh Tengah, Marwandi Munthe mengatakan hal tersebut dikarenakan mayoritas masyarakat di daerah itu menggantungkan hidup dari tanaman kopi. 

Akan tetapi jelasnya, selama Covid-19 berlangsung harga kopi arabika Gayo yang menjadi komoditi ekspor utama ke berbagai negara di dunia harganya ikut anjlok dipasaran.

"Ya cukup mengganggu lah, karena harganya kan ikut turun, kemudian pengiriman barang ke negara tujuan susah, ditambah permintaan pasar juga ikut menurun," katanya, Kamis (04/3/2021).

Pandemi Covid-19 memang telah menganggu hampir seluruh sektor termasuk perekonomian bukan hanya di Indonesia namun juga negara-negara lainnya di dunia. 

Bahkan untuk Propinsi Aceh, kondisi ini menjadi salah satu faktor yang membuat propinsi dengan julukan Serambi Mekkah itu, kembali menyandang predikat sebagai propinsi paling miskin di Pulau Sumatera.(FJ) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00