Masyarakat Blang Benara Terima Bantuan Ketahanan Pangan

KBRN, Redelong : Bupati Bener Meriah Tgk. H. Sarkawi menyerahkan bantuan Ketahan Pangan yang bersumber dari Dana Desa Tahun 2020 kepada masyarakat kampung Blang Benara, Kecamatan Wih Pesam di halaman Masjid Baiturrahma Kampung setempat, Selasa (30/6/2020).

Sarkawi dalam arahannya menyampaikan secara umum sebahagian besar masyarakat kabupaten Bener Meriah hidup dari sektor pertanian, sehingga aktivitas menanam merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan. Seiring dengan hal itu, pemerintah kabupaten  memperkuat dengan suatu program ketahanan pangan untuk menjaga ketersedian bahan pangan.

“Karena kita sadari semua bahan yang kita miliki untuk dijual, kita punya kopi tapi tidak bisa dimakan. di Blang Benara kita punya tebu tapi tebu juga untuk dijual. Baiknya setiap rumah itu punya yang bisa dikonsumsi untuk keluarga, kalau lebih bisa dijual untuk keperluan yang lain," jelassnya

Lebih lanjut Bupati mengatakan PBB sudah memperingatkan ada potensi  tentang masalah pangan dan itu disampaikan melalui berbagai media baik cetak, elektronik dan online. Sekitar 1 miliar jiwa akan berpotensi mengalami krisis pangan. Begitupun  Presiden RI, Panglima TNI, Kapolri, Gubernur juga sudah mengingatkan tentang hal itu.

“Bener Meriah Alhamdulillah sudah jauh-jauh hari sudah merencanakan program ini, karena apa? karena suasana Covid-19 membuat sektor produksi pangan terganggu dibanyak Negara," ungkapnya

Selain itu daerah  yang suplus bahan pangan kadang kala kesulitan untuk mengekspor kedaerah atau ketempat lain. Sehingga dibutukan langkah antisipasi utuk mengatasi kondisi tersebut.

“Kita harus sedini mungkin mempersiapkan tentang kondisi-kondisi kedepan, karena ekspor impor masih terganggu, setiap daerah didorong untuk membuat program yang menyangkut dengan Ketahanan Pangan," ujar Sarkawi.

Ditambahkan Sarkawi pemerintah teah menyalurkan berbagai program bantuan sosial selama pandemi covid-19  yaitu PKH, BPNT, Bantuan Fakir Miskin, Bantuan Beras,   Bantuan sosial Tunai (BST) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dengan enerima yag berbeda-beda seseuai kriteria dari bantuan tersebut. Selain itu pemkab Bener Meriah juga memberikan bantuan yang bersifat produktif melalui program ketahanan pangan.

Sementara itu  Camat Wih Pesam Lukman, SE dalam laporannya menyebutkan dalam enyaluran bantuan tersebut pemerintah kampung mengedarkan kuisionar untuk di isi masyarakat terkait jenis tanaman apa yang diinginkan agar sesuia kebutuhan.

"Semoga dengan bantuan seharga Rp. 500.000 ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dikeluarganya masing-masing,” tambahnya.

Dari 275 KK yang ada dikampung Blang Benara untuk 67 KK diantaranya memilih tanaman cabai , 171 KK  ubi jalar dan 73 KK  bawang merah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00