FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Rapid Test Antigen di Bandara Rembele Gratis

Kegiatan Rapid Test Antigen gratis di Bandara Rembele

KBRN, Redelong: Penerbangan di Bandar Udara (Bandara) Rembele (TXE) ke Bandara Kuala Namu (KNO), Sumatera Utara sejak awal Februari 2021 telah kembali beroperasi, setelah sebelumnya sempat tersendat jadwal penerbangan lantaran pandemi Covid-19.

Saat ini dengan penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) dan memenuhi syarat yang ditentukan, layanan penerbangan di daerah berhawa sejuk itu berangsur normal.

Bahkan sebagai bentuk dukungan, Pemerintah Kabupaten Bener Meriah melalui Dinas Kesehatan menggratiskan biaya Rapid Test Antigen bagi calon penumpang.

Koordinator PSC Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin, SKM menyampaikan untuk sementara ini masih diperuntukkan bagi calon penumpang.

"Bagi calon penumpang moda transportasi udara Bandara Rembele aja. Kalau syarat lainnya enggak ada, cuman bawa KTP," kata Koordinator PSC Kabupaten Bener Meriah Zulkifli Burhanuddin, Sabtu (27/2/2021).

Diakui Korlap PSC Kabupaten Bener Meriah ini, rapid test antigen gratis tersebut menindaklanjuti instruksi Bupati Sarkawi dalam rangka memudahkan dan meningkatkan minat masyarakat menggunakan transportasi udara.

"Kita bagian dari Dinas Kesehatan, dan ini instruksi Pak Bupati untuk melibatkan minat orang naik pesawat, karena kalau dibayar kan berat di masyarakat," timpalnya.

Hingga saat ini terdata sudah mencapai 130 orang yang menikmati layanan gratis rapid test antigen tanpa dipungut biaya itu.

Pun demikian, dirinya meminta calon penumpang yang hendak memanfaatkan layanan tersebut untuk mengatur waktu pengambilan sampel, satu hari sebelum keberangkatan.

"Biar enggak terburu-buru. Karena hasil sampelnya baru diketahui sekitar 10 sampai 15 menit. Memang jam 7 sudah buka pelayanan, tapi biar enggak terburu-buru, bisa juga satu hari sebelum keberangkatan dan bisa langsung juga ke Posko PSC Kampung Wonosobo dekat Kodim," pungkasnya.

Sementara itu Humas Bandara Rembele Iwan Mulya mengakui bahwa layanan tersebut telah digratiskan sejak awal Februari.

"Selama mulai penerbangan kemarin, mulai Februari sudah digratiskan bagi calon penumpang yang dari Rembele," ujarnya.

Warga Takengon, Reza menyambut baik upaya pemerintah mempermudah masyarakat mendapat pelayanan persyaratan penerbangan di masa pandemi Covid-19.

"Kalau harus mandiri harganya memang hampir sampai Rp300ribuan. Semoga berdampak baiklah ke penerbangan kita di Gayo karena adanya layanan rapid test antigen gratis dari Pemerintah," demikian Reza

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00