Sudah Pasang Kawat Kejut, Gajah Liar Masih Masuk Pemukiman di Bener Meriah?

KBRN, Redelong: Kawanan gajah liar yang masuk ke pemukiman penduduk di Kecamatan Pintu Rime Gayo Kabupaten Bener Meriah diperkirakan mencapai 16 ekor.

Ada beberapa faktor atau penyebab utama kawanan hewan dilindungi itu masuk lagi ke pemukiman.

Reje desa Negeri Antara Riskanadi menyampaikan kawat kejut yang dipasang membentang di Kecamatan Pintu Rime Gayo sebagai salah satu solusi cegah gajah masuk pemukiman itu belum beroperasi.

"Kabel kejut itu yang dibikin temen-temen LHK Pusat belum operasi sampai sekarang ini, jadi jalur keluar masuknya gajah masih terbuka lebar," ujarnya, Kamis (3/12/2020).

Diakui warga, kawat kejut saat ini kondisinya tidak terawat dan sebagian telah dililit rumput dan beberapa kayu membusuk.

"Kawat sudah terpasang, pertama sudah ada arus lah, tapi kawat dililit rumput sebelumnya selesai pengerjaan, kan cukup lama itu karena 10 km. Selesai pasang yang kawat pertama dipasang udah dililit rumput akar-akar, dan tiang pun ada yang busuk, kan ga bisa dipasang arusnya, makanya masuk lagi gajah," jelasnya.

Sementara itu Plt Kepala BPBD Bener Meriah Sapriadi mengungkapkan kawat kejut sepanjang 10 km pada dasarnya perlu perawatan agar tidak rusak dan berfungsi sebagaimana diharapkan.

"Itu harus dirawat sebenarnya, apalagi sekarang musim hujan, jadikan dia menyentuh kabel atau kawatnya itu jadi kadang-kadang ada kadang enggak," sebutnya.

Informasi terbaru tambahnya, BKSDA akan menambah kawat kejut sepanjang kurang lebih 20 km di Kecamatan Pintu Rime Gayo.

Sn 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00