Demi Pelayanan, Kakankemenag Aceh Singkil Studi Banding ke Aceh Tengah

KBRN, Takengon: Kementerian Agama Aceh Singkil melakukan studi banding ke Kemenag Aceh Tengah, Senin (21/9/2020). 

Studi banding dilakukan guna mendukung pelaksanaan program kegiatan serta peningkatan pelayanan kepada masyarakat Aceh Singkil.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Saifuddin SE mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut agar Kemenag Aceh Singkil dapat mempelajari bagaimana sistem pelaksanaan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) serta pengelolaan wakaf produktif dalam bentuk wakaf uang.

"Ada dua kegiatan yang memang di Aceh Tengah sudah berjalan dengan baik yaitu pelaksanaan PTSP dan wakaf uang tunai. Sebab kedua bidang tersebut sudah duluan diterapkan di Kemenag Aceh tengah. Untuk itu kita belajar dan akan diimplementasikan di Kemenag Aceh Singkil sehingga pelayanan kita kepada masyarakat lebih meningkat," ujar Saifuddin.

Pada PTSP ini, diharapkan Kemenag Aceh Singkil dapat menerapkan pelayanan melalui PTSP dengan baik sehingga masyarakat yang butuh layanan mendapat kepastian waktu pelayanannya.

"Kita diskusikan untuk menetapkan SOP untuk setiap layanan di Kankemenag Singkil," ungkap Saifuddin.

Sementara dalam bidang wakaf produktif Saifuddin menilai kesadaran seluruh pegawai Kemenag Aceh Tengah dalam beramal sudah sangat bagus.

"Semoga ini bisa kita tularkan ke Aceh Singkil dengan menambah beberapa program keumatan berbasis agama sehingga dengan wakaf produktif yang akan kita terapkan nanti dapat menimbulkan kesadaran umat dalam mewakafkan harta dan uangnya untuk dikelola demi kemaslahatan umat," ungkapnya.

Staf Penyelenggara Zakat Wakaf Kemenag Aceh Singkil, Mustafa Naibaho menambahkan, selain dua bidang tersebut, Kemenag Aceh Tengah saat ini sedang menggagas aplikasi Simampate yaitu sebuah aplikasi manajemen kepegawaian ASN Kementerian Agama Kabupaten Aceh Tengah.

Ikut dalam kegiatan studi banding, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Singkil, Pejabat Pembuat Komitmen Sekretariat serta Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf beserta beberapa staf. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00