Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah Warga Bener Meriah

KBRN, Redelong : Angin kencang yan terjadi di kabupaten Bener Meriah pada 2 dan 3 Agustus 2020 merusak sebanyak 25 rumah termasuk mushola dan bebearpa sekolah yang tersebar di sejumlah kecamatan di kabupaten tersebut.

Sekertaris Badan Penanggulanagn Bencana Daerah (BPBD) Bener Meriah Edi jaswin kepada RRI, Selasa (4/8/2020) merincikan puluhan rumah yang umumnya mengalami kerusakan pada bagian atap tersebutm asing-masing berada di kecamatan Bukit, yakni di kampung Panji Mulia 1 dua unit, kampung Panji Mulia 2 satu unit.

Kemudian di kecamatan Bandar yaitu di kampung Mutiara 2 unit, Tawar Sedenge 3 unit, Wonosari 1 unit, Blang Pulo 1 unit dan Bahgie Bertona 1 unit. Selanjutnya kecamatan permata masing-masing di kampung  Bener pepanyi 11 unit, Wih Tenang Uken 1 unit dan Seni Antara 1 unit  serta kecamatan Bener Kelifah 1 unit di kampung Nosar Jaya.

Sebelumnya dilaporkan angin kencang juga merusak 1 rumah warga dan 1 unit musola di kecamatan Pintu Rime Gayo.

Pemerintah kabupaten setempat kata Edi Jaswin juga telah menyalurkan bantuan masa panik  melalui Dinas Sosial. Sedangkan BPBD juga akan memberikan banuan berupa seng untuk perbaikan atap rumah warga.

“Kami imbau kepada masyarakat tetpa waspada terhadap kemungkinan masih terjadinya angin kencang ini,” ujarnya

Sementara itu Kepala Seksi data dan informasi satsiun Metereologi Sultan Iskandar Muda Banda Aceh Zakaria mengatakan  fenomena angin kencang tersebut teradi hampir di seluruh propinsi Aceh, namun yang paling ekstrim berada di wilayah barat selatan, Banda Aceh dan Sabang

Meski demikian warga yang berada diwilayah tengah  meliputi kabupaten Aceh Tengah dan Bener Meriah juga diminta waspada, mengingat angin kencang juga terjadi diwilayah tersebut.

“Angin kencang ini kita diperkirakan  masih akan terus terjadi hingga 3 hari kedepan,” kata Zakaria

 Secara umum fenomena angin kencang di Aceh terjadi pada musim kemarau yakni pada bulain Mei- September.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00